Penerapan Data Mining Dengan Metode Regresi Linier Berganda Dalam Mengestimasi Tingkat Penjualan Pada Wawa Cafe

Authors

  • Jefri wirayuda STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3631

Abstract

Peningkatan penjualan merupakan salah satu tujuan utama para pelaku bisnis cafe. Selain dapat menjadi tolak ukur kemajuan bisnis, pengingkatan penjualan juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perkembangan bisnis Cafe kedepannya. Hal tersebut juga turut menjadi perhatian pihak manajemen Wawa Cafe. Wawa Cafe merupakan salah bisnis yang bergerak dalam penjualan makanan dan minuman kopi dan nonkopi yang berlokasi di Jalan Utomo Bakaran Batu. Pihak manajemen menjelaskan bahwa selama menjalani bisnis ini, mereka kesulitan untuk melihat perkembangan bisnis mereka yang terkadang naik turun. Sehingga terkadang Wawa Cafe sering kehabisan stok ketika pelanggan ramai dan juga terkadang mereka kelebihan banyak stok ketika pelanggan sepi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pihak manajemen Wawa Cafe ingin memiliki sistem yang mampu mengestimasi tingkat penjualan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Data Mining dapat menjadi solusi yang bagus. Data Mining merupakan serangkaian proses yang dilakukan untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Pada penelitian ini menggunakan salah satu metode yang banyak digunakan dalam data mining yaitu metode Regresi Linier Berganda.

Author Biographies

Jefri wirayuda, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. A. Nasihin, S. Subagyo, and ..., “STRATEGI BISNIS ERA NEW NORMAL PADA KEDAI KOPI DI SURABAYA (Studi Kasus Pada Beby’s Coffee di Jalan Srikana Timur No. 44 Surabaya),†E-Bisnis J. …, vol. 13, no. 2, pp. 76–88, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/E-Bisnis/article/view/248.

T. Syahputra, J. Halim, and K. Perangin-angin, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi ( UKOM ) Bidan Pada STIKes Senior Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2018.

Y. L. Nainel, E. Buulolo, and I. Lubis, “Penerapan Data Mining Untuk Estimasi Penjualan Obat Berdasarkan Pengaruh Brand Image Dengan Algoritma Expectation Maximization (Studi Kasus: PT. Pyridam Farma Tbk),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 2, p. 214, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.2097.

P. Purwadi, P. S. Ramadhan, and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, p. 55, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.104.

T. Syahputra, J. Halim, and K. Perangin-angin, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi ( UKOM ) Bidan Pada STIKes Senior Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2018.

Downloads

Published

2019-01-30

URN