Sistem Pakar Mendiagnosa Parasit Pada Osphronemus Menggunakan Dempster Shafer

Authors

  • Wahyu Kurniawan STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.3625

Abstract

Ikan gurame merupakan ikan air tawar salah satu favorit peternak saat ini, karena memiliki banyak manfaat dibidang pangan dan ekonomi yang dinilai mempunyai tingkat keuntungan yang besar. selain mendapat keuntungan ada juga mendapat kerugian yang besar dikarenakan munculnya masalah yang terjadi pada ikan gurame akibat parasit pada tubuh ikan, yang mengakibatkan produksi ikan menurun, ikan mengambang atau meninggal massal sehingga para peternak mendapat kerugian yang besar. karena terbatasnya pengetahuan yang dimiliki oleh peternak terhadap parasit yang menyerang ikan gurami menjadi masalah dan kendala dalam usaha pemeliharaan ikan gurami serta kurangnya jumlah tenaga pakar ikan gurami untuk memberikan penyuluhan tentang parasit  pada ikan urami, sehingga para peternak ikan gurame mengalami gagal panen. solusi untuk mengatasi  permasalahan dari parasit pada ikan gurame dapat memanfaatkan teknologi. Informasi yang sudah sangat maju salah satunya teknologi informasi yang dapat digunakan adalah sistem pakar. Penggunaan sistem pakar dapat lebih cepat mengatasi masalah yang dihadapi pada ikan gurame sehingga peternak tidak mengalami dampak kerugian dari parasit pada ikan guramenya dan dengan perhitungan dempster shafer lebih meyakinkan para peternak.Hasil dari program ini memudahkan para peternak ikan gurame dalam mendiagnosa parasit yang menyerang ikan gurame. Adapun aplikasi yang dibangun berbasiskan web programming yang menerapkan metode dempster shafer.

Author Biographies

Wahyu Kurniawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Phillips et al., “Menjelajahi Masa Depan Perikanan,†WolrdFish. Penang. Malaysia, p. 15, 2016.

H. N. Suhardjito, “Sistem Pakar Penyakit Ikan Gurame Pada Pembudidayaan Menggunakan Metode Forward Chaining,†JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 123–128, 2019.

A. R. MZ, I. G. P. S. Wijaya, and F. Bimantoro, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit pada Manusia dengan Metode Dempster Shafer,†J. Comput. Sci. Informatics Eng., vol. 4, no. 2, pp. 129–138, 2020, doi: 10.29303/jcosine.v4i2.285.

Yusniar, Nurhayati, and I. Gultom, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,†J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 2, no. 2, pp. 39–47, 2018.

R. Ardiansyah, F. Fauziah, and A. Ningsih, “Lambung Menggunakan Metode Dempster-Shafer,†vol. 24, no. 3, pp. 182–196, 2018.

N. Ahmad, S. Martudi, and Dawami, “Pengaruh Kadar Protein yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy),†Agroqua, vol. 15, no. 2, pp. 51–58, 2017.

A. Rohman and H. Supriyono, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Lele Dumbo Berbasis Android,†7th Univ. Res. Colloq. 2018, no. 1, pp. 62–75, 2018.

Downloads

Published

2018-12-27

URN