Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengindetifikasi Bakat Dan Kreatifitas Anak Di PPA (Pusat Pengembangan Anak) Di Pancur Batu Dengan Metode Vikor

Authors

  • Yohanna Mentari Brsembiring Stmik triguna Dharma
  • Beni Andika Stmik Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Panjaitan Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.3623

Abstract

 Dalam melakukan aktifitas misalnya suka main bola, suka membaca buku, suka menyanyi, anak akan menjalankan aktifitas yang disukai yang merasa nyaman, senang bagi si anak dan aktifitas tersebut akan selalu dilakukan setiap waktu. Untuk memudahkan orang tua mengetahui bakat anak tersebut maka diperlukan, maka memerlukan sebuah keilmuan yang layak  mampu dan teruji dalam mengindetifikasi bakat dan kreatifitas anak di PPA dalam pengambilan keputusan adalah sistem pendukung keputusan.       Dengan sistem pendukung keputusan, maka metode yang cocok yaitu metode VIsekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje (VIKOR). Metode Vikor merupakan menentukan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan, yaitu penilaian kelayakan dalam mengindetifikasi bakat dan kreatifitas anak di PPA. Salah satu proses dalam metode Vikor adalah melakukan pembobotan kriteria. Bobot kriteria diperoleh dari prioritas relatif setiap kriteria yang dihasilkan pada langkah penentuan bobot kriteria.       Hasil yang didapatkan merupakan hasil keputusan dalam menentukan bakat anak dengan cepat dan akurat yang diterapkan dalam aplikasi berbasis desktop. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Vikor, Bakat Anak 

Author Biographies

Yohanna Mentari Brsembiring, Stmik triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan Panjaitan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

R. P. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. Volume 3 No.2, no. 2443-2555 , pp. 122-128, 2017.

N. Ainun, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perpanjangan Kontrak Karyawan Berdasarkan Penilaian Kinerja Pada Pt. Indomas Makmur Jaya Menggunakan Metode Vikor," Jurnal Pelita Informatika, vol. VIII, no. 1, pp. 63-37, 2019.

A. Atabik, " Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini," Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus, vol. II, no. 1, pp. 160-165, 2014.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN