IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI DAN KRIPTOGRAFI DATA PASIEN PADA KLINIK PRATAMA SITI RAHMAH MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT DAN ALGORITMA RC4

Authors

  • Sri Winda Nesti Putri Santi Mendrofa STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Vina Winda Sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3621

Abstract

Dalam suatu perusahaan/organisasi, keamanan data merupakan suatu hal yang sangat penting. Untuk menjaga informasi ataupun data agar tidak jatuh ke pihak yang tidak berwenang atau pihak yang tidak berkepentingan dituntut adanya pengamanan data/informasi. Ilmu yang berkaitan untuk menjaga keamanan pesan adalah kriptografi, dimana kriptografi sendiri terbagi atas dua jenis yaitu kriptografi simetris dan asimetris. Selain itu untuk menjaga kerahasiaan pesan dapat menggunakan steganografi.  Dalam penelitian ini, mengkombinasikan algoritma RC4 untuk proses enkripsi dan dekripsi data/informasi dan metode Least Significant Bit (LSB) untuk penyisipan atau penyembunyian pesan kedalam media citra. Hasil dari aplikasi ini adalah dapat menyisipkan pesan tersembunyi berupa teks yang sudah dienkripsi ke dalam media citra berformat JPEG dan dapat mengekstraksi kembali pesan tersembunyi tersebut dari dalam media citra.Dalam suatu perusahaan/organisasi, keamanan data merupakan suatu hal yang sangat penting. Untuk menjaga informasi ataupun data agar tidak jatuh ke pihak yang tidak berwenang atau pihak yang tidak berkepentingan dituntut adanya pengamanan data/informasi. Ilmu yang berkaitan untuk menjaga keamanan pesan adalah kriptografi, dimana kriptografi sendiri terbagi atas dua jenis yaitu kriptografi simetris dan asimetris. Selain itu untuk menjaga kerahasiaan pesan dapat menggunakan steganografi.  Dalam penelitian ini, mengkombinasikan algoritma RC4 untuk proses enkripsi dan dekripsi data/informasi dan metode Least Significant Bit (LSB) untuk penyisipan atau penyembunyian pesan kedalam media citra. Hasil dari aplikasi ini adalah dapat menyisipkan pesan tersembunyi berupa teks yang sudah dienkripsi ke dalam media citra berformat JPEG dan dapat mengekstraksi kembali pesan tersembunyi tersebut dari dalam media citra. 

Author Biographies

Sri Winda Nesti Putri Santi Mendrofa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Vina Winda Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E. Helmud, “Kombinasi Kriptografi Rc4 Dan Steganografi Lsb Pada Citra Digital Dengan Format Bitmap Untuk Menjaga Keamanan Pesan,†Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 20–27, 2018, doi: 10.36805/technoxplore.v2i2.304.

A. K. Harsa, “Keamanan Data Dengan Menggunakan Algoritma Rivest Code 4 (Rc4) Dan Steganografi Pada Citra Digital,†Inform. Mulawarman  Februari, vol. 9, no. 1, 2014.

M. M. Assyahid, R. Rihartanto, and D. S. B. Utomo, “Implementasi Steganografi Pesan Text ke Dalam Audio Dengan Metode Spread Spectrum,†Juristek, vol. 3, no. 2, pp. 27–34, 2018.

M. Syahril and H. Jaya, “Aplikasi Steganografi Pengamanan Data Nasabah di Standard Chartered Bank Menggunakan Metode Least Significant Bit dan RC4,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 505–509, 2019.

N. Rismawati, “Analisis dan Perancangan Simulasi Enkripsi dan Dekripsi pada Algoritma Steganografi untuk Penyisipan Pesan Text pada Image menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) Berbasis Cryptool2,†Fakt. Exacta, vol. 12, no. 2, pp. 132–144, 2019.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN