Decision Support System Pengangkatan Guru Tetap Menggunakan Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) Pada SMK PGRI 8 Medan

Authors

  • Togi Sirait STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.3619

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan sangat diperlukan untuk proses pengambilan keputusan, Pada SMK PGRI 8 Medan terdapat sebuah masalah dalam pengangkatan guru tetap. Maka diperlukan sebuah proses Sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.  Oleh karena itu dibuatlah sebuah Decision Support System pengangkatan guru tetap menggunakan metode topsis (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) pada SMK PGRI 8 Medan. Dengan Tingkat Pendidikkan, Absensi, Kinerja, Pengabdian kerja dan Usia Sebagai kriterianya.  Hasil program ini menjunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat mempermudah dalam melakukan pengambilan keputusan pengangkatan guru tetap, dengan sistem ini proses pengambilan keputusan dapat dilalukan dengan lebih efektif dan efisien.

Author Biographies

Togi Sirait, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komuter

Ismawardi Santoso, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Muhardi, “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia,†J. Unisba, vol. XX, no. 4, pp. 478–492, 2005.

H. Agung and Ricky, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Siswa Teladan Menggunakan Metode Topsis,†J. Ilm. FIFO, vol. VIII, no. 2, pp. 112–126, 2016.

L. Situmorang and J. R. Sagala, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tentor Terbaik Dengan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution ( Topsis ),†vol. 3, no. 3, pp. 209–214, 2020.

D. A. Wasesha, “Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penyedia Informasi Akademik Universitas,†vol. 14, no. 1, pp. 41–48, 2019.

T. Kristiana and I. Pendahuluan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Grosir Pulsa,†vol. XX, no. 1, pp. 8–12, 2018.

I. Muzakkir, “Penerapan metode topsis untuk sistem pendukung keputusan penentuan keluarga miskin pada desa panca karsa ii,†vol. 9, pp. 274–281, 2017.

Downloads

Published

2020-10-30

URN