Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Komponen Alat Berat Excavator Pada PT. Km Group Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Esther Veronica Lase STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3610

Abstract

Excavator merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk memindahkan material dan juga dapat digunakan sebagai alat pemotong kayu tergantung dari Attachment nya. dengan mesin diesel dan berada diatas roda rantai. Mesin alat berat Excavator ini sering digunakan dalam pengerjaan konstruksi pembangunan jembatan, gedung, jalan, ataupun pekerjaan konstruksi lainnya yang membutuhkan alat berat untuk mendukung pekerjaan tersebut. Excavator mempunyai komponen yang sangat penting dan utama, antara lain : Engine, Pompa Hydrolic, Kontrol Falet, Motor Hydrolic, Silinder, Final Akuator, dan Redaction. Tanpa salah  satu dari komponen tersebut, alat berat tidak dapat bekerja dengan maksimal.  Namun seiring dengan pemakaian mesin alat berat di lapangan, tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada alat berat Excavator. Kerusakan yang terjadi pada umumnya diidentifikasi oleh ahli bidangnya dengan meihat ciri-ciri atau mendeteksi kerusakan yang terjadi  secara manual. Namun kelemahan menggunakan jasa ahli dalam mendeteksi kerusakan membutuhkan waktu yang lama dalam proses analisa.

Author Biographies

Esther Veronica Lase, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

V. Abma, “Analisis kombinasi alat berat excavator dan dump truck pada pekerjaan tanahâ€, 2021

P. Ane, K. Pratasis, R. Masalah, And P. Masalah, “Kelayakan Investasi Studi Kasus Alat Berat Bulldozer, Excavator Dan Dump Truck Di Kota Manado,†Sipil Statik, Vol. 4, No. 9, Pp. 533–539, 2016

S. Azhar, H. Sari, L.Zulita, “ Sistem Pakar Penyakit Ginjal Pada Manusiaâ€, Vol.10, 2014.

A. Utami, R. Putra, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Metode Teorema Bayesâ€, vol.4, 2015.

Zu. Azmi, Pengantar Sistem Pakar Dan Metode, Edisi I. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

P. S. Ramadhan, Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pe. Desa Sidoarjo Kec Pulung Kab Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN