Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Calon Induk Ikan Louhan Yang Berkualitas Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Muhammad Fadli STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3607

Abstract

Dalam pemilihan calon induk ikan louhan yang berkualitas banyak orang yang tidak  paham dalam pemilihan calon induk yang baik, selama ini AK Jaya Fish biasanya hanya dengan melihat langsung secara sekilas, dan bisa jadi tidak seperti yang diharapkan. Karena kesalahan dalam memilih calon induk ikan ini akan berdampak pada produktifitas ikan tersebut, sehingga hal tersebut bisa sangat fatal dan merungikan AK Jaya Fish atau peternak yang akan mengembangbiakan ikan louhan tersebut. Kemudian antara ikan satu dengan ikan yang lain mungkin bisa tidak terlihat bedanya, baik dari segi badan, warna sisik, corak mata dan lain sebagainya, sehingga akan terjadi masalah ketika memilih.Oleh karena itu diperlukan adanya Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan Calon Induk Ikan Louhan Yang Berkulitas dengan menggunakan metode WASPAS. Dengan adanya sistem tersebut nantinya akan membantu dalam pengambilan keputusan menentukan Calon Induk Ikan Louhan Yang Berkualitas dengan hasil yang akurat dan tepat.Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat membantu AK Jaya Fish dalam memilih Calon Induk Ikan Louhan Yang Berkualitas dengan akurat dan tepat. Adapun hasil keputusan berupa perangkingan dari seluruh sampel yang dimasukkan kedalam sistem sehingga pemilik usaha dapat menetukan Calon Induk Ikan Yang Berkualitas berdasarkan peringkat tertinggi.

Author Biographies

Muhammad Fadli, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Sibyan, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah,†J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 7, no. 1, pp. 78–83, 2020, doi: 10.32699/ppkm.v7i1.1055.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.594.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

S. Selatan, “LIMNOTEK,†vol. 26, no. 1, pp. 1–9, 2019.

D. A. Hedianto, A. A. Sentosa, and H. Satria, “Aspek Reproduksi Ikan Louhan Hibrid Sebagai Ikan Asing Invasif Di Danau Matano, Sulawesi Selatan,†BAWAL Widya Ris. Perikan. Tangkap, vol. 10, no. 2, p. 69, 2018, doi: 10.15578/bawal.10.2.2018.69-82.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN