Implementasi Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) Untuk Menentukan Calon Perwakilan Madrasah Dalam Mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Pada MAN 3 Mandailing Natal

Authors

  • Rizqa Khoirunnisa STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3596

Abstract

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM dilakukan setiap setahun sekali bagi sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Dari pengalaman beberapa tahun yang telah dilakukan dalam pemilihan siswa terdapat beberapa permasalahan diantaranya yaitu guru atau panitia KSM dalam memilih siswa hanya berdasarkan nilai pelajaran yang di dapat disamping itu untuk mengikuti KSM sampai ke tingkat nasional diperlukan faktor-faktor yang lain diantaranya yaitu tingkat intelegensi dan pengalaman dalam mengikuti KSM sebelumnya, disamping permasalahan di atas terkadang guru dalam memilih tidak memperhatikan semua faktor tersebut sehingga hasilnya kurang maksimal. Sehubungan dengan hal di atas maka perlu dirancang suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) yang diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan dalam mendapatkan informasi untuk menentukan calon perwakilan dari madrasah dalam mengikuti kompetisi KSM baik pada tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Hasil pengujian sistem yang dibangun menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dan mempermudah si pengambil keputusan/ panitia KSM untuk mengambil keputusan dalam menentukan calon perwakilan madrasah untuk mengikuti KSM.

Author Biographies

Rizqa Khoirunnisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

MA Salafiyah Bantasari, "Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah?," 04 11 2020. [Online]. Available: https://www.massalafiyahbts.sch.id/read/19/apa-itu-kompetisi-sains-madrasah. [Accessed 07 5 2020].

A. P. U. S. Anis A Trisnani1, Dede U Anwar1, Wulan Ramadhani1, Monica M Manurung2, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. Vol. 5 No., no. 2, pp. 85–90, 2018.

S. David, D. Marisa Midyanti and R. Hidayati, "IMPLEMENTASI METODE ADDITIVE RATIO ASSESMENT (ARAS) UNTUK REKOMENDASI PASIEN KUNJUNGAN SEHAT PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DR JOSEPB NUGROHO H," Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 07, no. 03, pp. 109-119, 2019.

Syaputra. Heri. et al, "SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)," Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. 07, no. 3, pp. 678-685, 2019.

Direktorat Pendidikan Islam, "Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah Nasional Tahun 2019," Kementerian Agama Republik Indonesia, pp. 1-35, 26 Maret 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN