Analisa Data Mining Untuk Mengestimasi Potensi Curah Hujan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Anzelina Marbun Stmik Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah Stmik Triguna Dharma
  • Elfritriani Elfritriani Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3589

Abstract

Prakiraan curah hujan telah menjadi salah satu masalah yang paling ilmiah dan teknologi menantang seluruh dunia pada abad terakhir. Ini disebabkan oleh dua faktor utama yaitu digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan manusia dan kemajuan komputasi. Curah Hujan merupakan salah satu elemen pada iklim. Curah hujan juga merupakan faktor yang berpengaruh langsung terhadap perubahan cuaca, baik perubahan cuaca yang baik maupun perubahan cuaca yang buruk. Terdapat beberapa faktor yang utama yang dapat mempengaruhi terjadinya curah hujan antara lain suhu udara, kelembaban udara, kecepatan angin, dan lama penyinaran. Berdasarkan hal tersebut                 Permasalaha pada perusahaan tersebut, maka penerapan dalam prediksi potensi curah hujan menggunakan keilmuan Data Mining dengan menggunakan Regresi Linear Berganda.  Algoritma Regresi Linear sangat sesuai dan dapat  sebagai alat bantu untuk memprediksi potensi curah hujan konsep keilmuan Data Mining.                Hasil yang didapatkan, merupakan perhitungan potensi curah hujan  yang menggunakan Metode Regresi Linear Berganda yang dapat menyelesaikan masalah dalam memprediksi potensi curah hujan yang akan datang di Kota Medan. Kata Kunci: Curah Hujan, Data Mining, Regresi Linear Berganda

Author Biographies

Anzelina Marbun, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfritriani Elfritriani, Stmik Triguna Dharma

Bahasa Ingris

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, " Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

M. R. Julianti, M. I. Dzulhaq and A. Subroto, "Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web pada PT Astari Niagara Internasional," JURNAL SISFOTEK GLOBAL , vol. IX, no. 2088 – 1762, pp. 92-97, 2019.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2021-02-26

URN