Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis (Muntaber) Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Fitra Sellani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.3588

Abstract

   Gastroenteritis (Muntaber) adalah salah satu penyakit yang mampu menyerang organ pencernaan manusia yang ditandai dengan cara buang air besar yang sangat tidak normal yang berkonsistensi cairan ataupun setengah cair, dan kandungan air lebih banyak dari fase pada umumnya. Selain itu konsistensinya bisa disertai dengan mual, muntah dan frekuensi dari buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari. Penyakit tersebut berlangsung dalam waktu kurang dari 14 hari yang mana ditandai dengan peningkatan volume frekuensi dan kandungan air pada fase yang sering kali menjadi penyebabnya adalah infeksi yaitu berupa virus,bakteri dan parasite.Untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat dibuat sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Gastroenteritis (Muntaber) pada anak usia dini dengan menggunaka metode Teorema Bayes. Sistem Pakar ini dapat memberikan solusi terkait permasalahan dan dapat membantu masyarakat dalam mndiagnosa penyakit Gastroenteritis (Muntaber) pada anak usia dini.Dengan demikian hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi implementasi sistem pakar dengan metode teorema bayes yang dapat membantu dalam mendiagnosa penyakit Gastroenteritis (Muntaber) pada anak usia dini, Hasil diagnosanya sudah mendekari diagnose seorang pakar.Kata Kunci: Penyakit Gastroenteritis (Muntaber), Sistem Pakar, Metode Teorema Bayes 

Author Biographies

Fitra Sellani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Z. Roihatul and K. Ni’matul, “Jurnal Ners LENTERA, Vol. 5, No. 1, Maret 2017 EFEKTIFITAS PEMBERIAN KOMPRES AIR HANGAT DAN,†vol. 5, no. 1, pp. 33–42, 2017.

A. D. Limantara, S. Winarto, and S. W. Mudjanarko, “Sistem Pakar Pemilihan Model Perbaikan Perkerasan Lenturberdasarkan Indeks Kondisi Perkerasan (Pci),†Semin. Nas. dan Teknol. Fak. Tek. Universtas Muhammadiyah Surakarta, no. November, pp. 1–2, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1807.

D. Fisika, F. Matematika, D. A. N. Ilmu, P. Alam, and U. S. Utara, “Universitas Sumatera Utara - Beranda,†pp. 4–16, 2016, [Online]. Available: https://www.usu.ac.id/id/.

M. Sitorus, “Rancang Bangun Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Bawang Merah Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Univ. Satya Negara Indones., vol. 10, no. Juni, pp. 26–31, 2017.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.

R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas ( Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut ),†vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

Downloads

Published

2022-07-07

URN