Expert System Untuk Mendeteksi Minat Dan Bakat Anak Pra-Sekolah Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Asri Rahmi STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dhrma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3581

Abstract

Bakat dan minat adalah hal yang sangat penting yang ada pada setiap orang, terutama pada diri seorang anak yang perlu diketahui sedini mungkin yaitu sejak masa prasekolah agar bakat dan minat anak dapat berkembang dengan baik, karena masa prasekolah merupakan masa keemasan bagi pertumbuhan otak anak,sehingga pada masa ini sangat tepat untuk memaksimalkan perkembangan minat dan bakat anak. Namun sering kali seorang anak merasa tertekan atau tidak mendapat kebebasan untuk menjadi apa yang diinginkanya, hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran orang tua yang beranggapan anak yang pintar adalah anak yang unggul dalam bidang akademis saja, padahal setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pakar. Sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan komputasi untuk menentukan minat dan bakat anak berdasarkan indikator kecerdasan yang sesuai pada anak tersebut dengan menggunakan metode teorema bayes sebagai pemecahan masalah yang ada. Hasill dari penelitian ini agar dapat membantu para orang tua dalam mengambil keputusan yang sesuai untuk memaksimalkan bakat dan minat anak agar dapat berkembang dengan baik.

Author Biographies

Asri Rahmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dhrma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sureni, Herlawati, and H. Supendar, “Sistem Pakar Minat Dan Bakat Anak Dengan Multiple Intelligences Berbasis Web Pada Sdit Mutiara Islam Depok,†Techno Nusa Mandiri, vol. 9, no. 1, p. 14, 2013.

T. Setyawati, A. T. Permanasari, and T. C. E. Yuniarti, “MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL MELALUI BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten),†J. Pendidik. dan Kaji. Seni, vol. 2, no. 1, pp. 63–77, 2017, doi: 10.30870/jpks.v2i1.2503.

S. U. Asma, M. Z. Arifin, and T. Hariono, “Sistem Pakar Pengenalan Bakat Dan Minat Anak Dengan Metode Forward Chaining,†Saintekbu, vol. 10, no. 1, pp. 10–18, 2018, doi: 10.32764/saintekbu.v10i1.158.

A. Sukmaindrayana and Sarmidi, “Aplikasi alat bantu penentu bakat dan minat anak dengan menggunakan metode bayes,†JutekinJurnal Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 11–20, 2016.

Z. Azmi and V. Yasin, Pengantar Sistem Pakar dan Metode, Edisi Asli. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

Downloads

Published

2019-01-30

URN