Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Penilaian Kinerja Staff Fasilkom USU

Authors

  • Fegi Debi Utari STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3579

Abstract

Penilaian kinerja staff pada Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Sumatera Utara (USU) dilakukan tidak hanya dengan cara penunjukan langsung oleh manajemen dan tidak dengan cara penilaian secara subyektif. Sistem yang berjalan di Fasilkom USU dalam penilaian kinerja staff terdapat kelemahan-kelemahan yaitu proses penilaian staff masih dilakukan secara manual dan proses pengolahan datanya belum menggunakan program aplikasi dalam mengambil keputusan tetapi menggunakan masih menggunakan cara konvensional dalam pengolahan datanya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, penilaian yang masih bersifat subyektif dan belum relevan dengan keadaan sebenarnya sehingga tidak dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang bersifat objektif dan pihak Fasilkom Universitas Sumatera Utara (USU) kesulitan dalam menentukan prestasi kinerja staff. Untuk itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu mempermudah dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi Fasilkom USU dalam hal penilaian kinerja staff. Adapun metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah di atas adalah WASPAS. Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini berupa laporan keputusan penilaian kinerja staff Fasilkom USU yang dapat ditampilkan dengan cepat. Dengan sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang terjadi pada Fasilkom USU mengenai penilaian kinerja staff.

Author Biographies

Fegi Debi Utari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Ahmad Djunaedi, et al, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai," Jurnal Sistem Informasi," 2017.

Amula Arni et al., "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBUKAAN JARINGAN TRAYEK ANGKUTAN KOTA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING," 2019.

Royanti Manurung, Retnowati Sitanggang, and Fince Tinus Waruwu, "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," 2018.

Syahrin Syam Berutu, et al, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Retting Tech (Smart)," 2019.

Syahrul Suci Romadhon, and Desmuyani, "Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeigniter Pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta," vol. 3, no. 1, Feb. 2019.

Dwindy Astuty Ridwan, Baharuddin Rahman, Stmik Catur Sakti Kendari, and Jln Abdullah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN RASKIN (BERAS MISKIN) PADA KECAMATAN KENDARI BARAT MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)," vol. 4, no. 1, 2019.

Siti Aisyah and Windania Purba, "APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SAW PADA PERUSAHAAN LEASING," vol. 1, no. 2, Okt. 2018.

Amula Arni, and Rakhmad Kuswandhie, “Sistem Pendukung Keputusan Pembukaan Jaringan Trayek Angkutan Kota Dengan Metode Simpe Additive Weigthing,†Jurnal Ilmiah Binary STIM Bina Nusantara Jaya," vol. 1, no.1, 2019.

Asyahri Hadi Nasyuha, Muhammad Dahria and Tugiono, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mandor Menggunakan Metode TOPSIS," Jurnal Saintikom, 2017.

Alfahmi Muhammad Arif and Eko Pramono, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PERAWAT MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE PADA PUSKESMAS RENA KANDIS KABUPATEN BENGKULU TENGAH," 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN