Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Peminjam Modal Industri Kecil dan Menengah Pada Koperasi Simpan Pinjam UB Amanah Syariah Menggunakan Metode WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Reni Sri Sundari STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3576

Abstract

UB Amanah Syariah merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah dibawah binaan Departemen Koperasi Usaha Kecil. Dikarenakan terbukti dengan banyaknya pembiayaan dana yang bermasalah. Untuk menghindari banyaknya kredit macet atau penunggakkan ini pihak koperasi dilakukan pengambilan keputusan untuk mengetahui siapa saja yang layak mendapatkan pinjaman modal. Kemudian untuk menentukan peminjam modal yang tepat maka harus dilakukan penilaian kelayakan dengan menimbang berbagai kriteria, agar tidak berdampak buruk pada UB Amanah Syariah. Oleh karena itu diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu untuk menentukan peminjam modal pada UB Amanah Syariah menggunakan metode WASPAS yang merupakan metode yang dapat membantu menghindari kesalahan-kesalahan tetapi memgoptimalkan penafsiran untuk menentukan nilai tertinggi maupun yang terendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi metode WASPAS dapat dijadikan solusi yang tepat dalam membantu pihak UB Amanah Syariah di dalam menentukan peminjam modal mana yang layak sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Author Biographies

Reni Sri Sundari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Riyandi, A. Oktara, D. N. Dengen, and Islamiyah, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Bantuan Dana atau Kredit Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Bank Negara Indonesia (BNI),†Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 8–13, 2017, [Online]. Available: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/230.

mas’ud waqiah Nurul, “Analisis Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Pengusaha UMKM Kabupaten Toba Samosir,†Persepsi Masy. Terhadap Perawatan Ortod. Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Prof., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

R. Taufiq, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†J. Tek., vol. 8, no. 1, pp. 6–10, 2019, doi: 10.31000/jt.v8i1.1589.

M. I. Dzulfadli, E. L. Amalia, and Y. Yunhasnawa, “Sistem Penilaian Dosen Berprestasi Menggunakan Metode WASPAS ( Studi Kasus Politeknik Negeri Malang ),†pp. 389–394, 2020.

S. M. Panjaitan, S. O. Manik, and A. Fau, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menerapkan Metode WASPAS Untuk Menentukan Guru Bidang Kesiswaan,†pp. 614–619, 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN