Aplikasi Smart School Dengan Pengamanan Data Menggunakan Metode RSA (Rivest Shamir Adleman) Pada PKBM Hanuba Medan

Authors

  • Yosua Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3575

Abstract

Aplikasi Smart School mampu mempermudah sekolah dalam mengelola data. Akan tetapi, disisi lain akan terjadi masalah lain jika data dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak. Permasalahan keamanan data adalah hal yang harus diselesaikan demi menjaga keabsahan suatu data. Salah satu cara untuk mengamankan data ialah dengan algoritma RSA. Dengan algoritma RSA, setiap data dapat diubah menjadi bentuk text yang berbeda dengan bentuk aslinya, sehingga tidak dapat dipahami oleh pihak yang tidak memiliki kunci untuk membaca pesannya. Proses enkripsi akan membentuk kode yang diubah menjadi QR Code yang disisipkan pada rapor, kemudian proses dekripsi dilakukan dengan cara men-scan kode QR code tersebut untuk membuktikan keabsahannya. Algoritma RSA mampu menjaga keabsahan data aplikasi smart school. Sehingga dengan demikian, aplikasi tersebut dapat dipakai dan tetap menjaga keaslian dari nilainya.Aplikasi Smart School mampu mempermudah sekolah dalam mengelola data. Akan tetapi, disisi lain akan terjadi masalah lain jika data dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak. Permasalahan keamanan data adalah hal yang harus diselesaikan demi menjaga keabsahan suatu data. Salah satu cara untuk mengamankan data ialah dengan algoritma RSA. Dengan algoritma RSA, setiap data dapat diubah menjadi bentuk text yang berbeda dengan bentuk aslinya, sehingga tidak dapat dipahami oleh pihak yang tidak memiliki kunci untuk membaca pesannya. Proses enkripsi akan membentuk kode yang diubah menjadi QR Code yang disisipkan pada rapor, kemudian proses dekripsi dilakukan dengan cara men-scan kode QR code tersebut untuk membuktikan keabsahannya. Algoritma RSA mampu menjaga keabsahan data aplikasi smart school. Sehingga dengan demikian, aplikasi tersebut dapat dipakai dan tetap menjaga keaslian dari nilainya.

Author Biographies

Yosua Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

K. Surbakti, “Kajian Mengenai Pentingnya Basis Data Bagi Sekolah Saat Ini,†J. Curere, vol. 02, no. 02, pp. 2597–9515, Jan. 2018, Accessed: Mar. 02, 2021. [Online]. Available: http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem /index.php/CURERE/article/view/156.R. Munir, Kriptografi, 2nd Ed. Yogyakarta: Informatika Bandung, 2019.

Y. Yusfrizal, “Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 3, no. 2, pp. 29–37, 2019.

H. Larasati and S. Masripah, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian GRC Dengan Metode Waterfall,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 193–198, 2017.

E. H. A. Mendrofa, M. Zarlis, and E. Y. Purba, “Implementasi Algoritma RSA dengan Kunci EM2B dalam Mengenkripsi Pesan,†Semant. (Seminar Nas. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 155–162, 2017.

N. Wiyono and M. Hardjianto, “Pengamanan Email Menggunakan Algoritma RSA dan Digital Signature SHA-1 Berbasis Mobile,†Ipsikom, vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2016.

PKBM Hanuba Medan, Raport.

Downloads

Published

2021-02-26

URN