Implementasi Metode Teorema Bayes Untuk Sistem Pakar Mendiagnosa Hama dan Penyakit Pada Tanaman Dimocarpus Longan (Kelengkeng) Pada UPT. BIH Gedung Johor

Authors

  • Aprina Suryanigana Hrp STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3574

Abstract

Tanaman  kelengkeng  menjadi   salah   satu  tanaman  buah  yang  banyak dikembangkan atau dibudidayakan oleh masyarakat, namun tanaman kelengkeng cenderung mudah terserang oleh hama maupun penyakit. UPT. BIH dapat membantu maupun mengedukasi pembudidaya untuk mengetahui karakteristik secara umum tentang hama dan penyakit yang menyerang tanaman kelengkeng. Namun, banyaknya keluhan mengenai tanaman kelengkeng yang diserang hama dan penyakit berdampak pada sistem pelayanan yang diberikan oleh UPT. BIH, serta proses edukasi tidak dilakukan secara sistematis, sehingga akan menimbulkan masalah ditengah-tengah proses edukasi. Maka dibangunlah sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat membantu UPT. BIH sebagai media informasi dalam proses penyampaian edukasi terkait tentang mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kelengkeng, serta dapat digunakan sebagai solusi mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman kelengkeng dengan tepat  yaitu dengan menggunakan sistem pakar dengan menerapakan salah satu metodenya yaitu metode teorema bayes. Hasil yang diharapkan, dapat memudahkan UPT. BIH dalam proses edukasi pada pembudidaya serta sistem pelayanan tidak terhambat dan pembudidaya tanaman kelengkeng dapat memanfaatkan sistem tersebut dalam mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kelengkengnya sendiri sehingga nantinya pada saat ingin berkonsultasi lagi di lain waktu bisa menggunakan sistem tersebut tanpa harus lagi berkunjung ke UPT. BIH Gedung Johor.

Author Biographies

Aprina Suryanigana Hrp, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

Y. I. Anas et al., “Decision Support System Pemilihan Bibit Unggul Tanaman Kelengkeng Menggunakan Metode Saw ( Simple Additive Weighting ),†Semin. Nas. Inov. Teknol., pp. 17–22, 2020.

S. Ratnah and A. M. Salasa, “EFEKTIFITAS EKSTRAK BIJI BUAH KELENGKENG (Euphoria longan Stend) TERHADAP PERTUMBUHAN Staphlococcus Aureus dan Propionibacterium Acne,†Media Farm. Poltekkes Makassar, vol. XVI, no. 1, pp. 105–108, 2020.

S. N. Wahyuni and Santosa, “IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING UNTUK,†J. Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 130–135, 2019.

X. Zhang, S. Guo, C. Ho, and N. Bai, “Food Science and Human Wellness Phytochemical constituents and biological activities of longan ( Dimocarpus longan Lour .) fruit : a review,†Food Sci. Hum. Wellness, vol. 9, no. 2, pp. 95–102, 2020, doi: 10.1016/j.fshw.2020.03.001.

Z. Azmi and V. Yasin, Pengantar Sistem Pakar dan Metode, 1st ed. mitra wacana media, 2017.

Downloads

Published

2021-02-26

URN