Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Durio Zibethinus (Durian) Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Pinsensia Liskawati Turnip STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3570

Abstract

Durian merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di Indonesia dan buah durian memilliki nilai ekonomi yang sangat tinggi .  Para petani mulai menyadari bahwa budaya durian memang sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang besar. Hal itu tentu saja jika tanaman durian dibudayakan dengan cara pengelolaan yang benar. Sementara itu bagian besar dari produksi dan mutu buah durian di Indonesia masih rendah, karena keterbatasan pengetahuan petani dalam pemeliharaab tanamannya dari serangan hama dan penyakit.Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu dalam melakukan pendiagnosaan terhadap penyakit durian, agar penanganan dapat dilakukan lebih cepat sebelum tanaman durian terkena penyakit. Sistem yang dimaksud ialah sistem pakar. Sistem pakar adalah sistem informasi yang berisi pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dempster Shafer adalah metode yang mampu mendiagnosa penyakit berdasarkan fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal dari seorang ahli atau pakar.Dalam masalah yang dibahas pada peneliti ini akan dirancang sebuah perangkat lunak berbasis desktop yang diharapkan menjadi solusi pemecah masalah. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi sistempakar dengan metode Demster Shafer yang dapat membantu untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman durianKata Kunci : Metode Dempster Shafer, Sistem Pakar, Tanaman Durian

Author Biographies

Pinsensia Liskawati Turnip, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Indah, A. Calam, B. Andika, and S. A. Kartini, “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Bibit Durian Unggul Pada,†vol. 17, no. 1, pp. 64–73, 2018.

A. R. Handoko, F. T. Informasi, P. Studi, T. Informatika, and U. B. Luhur, “Perancangan sistem pakar analisa transaksi keuangan mencurigakan menggunakan metode forward chaining,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, pp. 701–712, 2019.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Balita,†J. Time, vol. II, no. 1, pp. 1–5, 2014, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and K. Kushartantya, “Jurnal Masyarakat Informatika,†Sist. Pakar Berbas. Web Dan Mob. Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Mns. Dengan Menggunakan Metod. Inferensi Forw. Chain., vol. 4, no. 7, pp. 31–38, 2015.

A. Anisah and K. Kuswaya, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengeluaran, Penggunaan Bahan Dan Hutang Dalam Pelaksanaan Proyek Pada Pt Banamba Putratama,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 507, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1352.

D. Informatika, U. T. Sumbawa, M. Informatika, and U. T. Sumbawa, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO OMG BERBASIS LANDASAN TEORI Tinjauan Pustaka Dasar Teori,†Jinteks, vol. 2, no. 1, pp. 69–77, 2020.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

A. Winarno and M. Isnaini, “Meningkatkan Kualitas Waktu Pelayanan Administrasi Kantor Desa dengan Pemanfaatan Microsoft Access Berjaringan LAN (Local Area Network),†J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 5, no. 3, p. 342, 2019, doi: 10.22146/jpkm.36685.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

A. Winarno and M. Isnaini, "Meningkatkan Kualitas Waktu Pelayanan Adsministrasi Kantor Desa dengan Pemanfaatan Microsoft Access Berjaringan LAN (Local Area Network)," j. Pengabdi. Kpd. Masy.(Indonesia J. Community Engag., vol. 5. no.3 , 2019

R. Dania, “Karya Dasar Dasar Teori Pendukung Hardware,†Karya Ilm., vol. 1, no. 4, pp. 8–23, 2016.

Downloads

Published

2021-02-26

URN