Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Arachis Hypogaea (Kacang Tanah) Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Mesrawaty Sitohang STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.3563

Abstract

Tanaman Arachis hypogaea (kacang tanah) merupakan tanaman polong-polongan atau legum yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah tanaman kedelai. Namun yang menjadi masalah yang dialami Dinas Pertanian Kabaputen Samosir ketika melakukan penyuluhan, banyaknya keluhan para petani terhadap penyakit yang menyerang sebagian besar tanaman kacang tanah berdampak pada sistem pelayan yang diberikan dinas pertanian saat melakukan penyuluhan kepada petani. Dimana dinas pertanian belum memiliki sebuah sistem yang memadai untuk membantu petugas penyuluh ketika melakukan penyuluhan kepada petani-petani yang ada terkait mendiagnosa penyakit yang menyerang tanaman kacang tanah. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan suatu aplikasi berupa sistem pakar dengan mengadopsi metode Certainty Factor, diharapkan dapat membantu membantu petugas penyuluh dinas pertanian dalam melakukan penyuluhan terkait tentang mendiagnosa penyakit pada tanaman kacang tanah secara cepat dan tepat. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa sistem dapat membantu dan mempermudah petugas penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Samosir dalam mendiagnosa penyakit tanaman kacang tanah serta memberikan solusi pengendalian yang tepat terhadap tanaman kacang tanah yang terserang penyakit dengan sehingga dapat melakukan penanganan sedini mungkin dan meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang tanah. 

Author Biographies

Mesrawaty Sitohang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Halim and M. A. Utukaman, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Demphster Shafer ( DS ),†vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2017.

R. Hariyanto and K. Sa’diyah, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit dan Hama Pada Tanaman Tebu Menggunakan Metode Certainty Factor,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i1.500.

A. Meyliana, Kusrini, and E. T. Luthfi, “Sistem Pakar Pada Konsultasi Jenis Senam Dengan Metode Forward Chaining,†Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 1, no. 1, pp. 10–16, 2016.

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berk. Sainstek, vol. 5, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.19184/bst.v5i1.5370.

A. F. Fikri, J. A. Widians, and Islamiyah, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Mobil Strada Triton Menggunakan Certainty Factor,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 21–26, 2017.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN