Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Blossom End Rot Pada Tanaman Solanum Lycopersium Syn Dengan Menggunakan Teorema Bayes

Authors

  • Maria Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3559

Abstract

Blossom end rot (busuk ujung pada buah) merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh 2 cendawan yaitu cendawan colletotrichum cocode dan cendawan thanatephorus cucumeris. Biasanya serangan penyakit ini sering terjadi pada buah yang masih muda, buah yang semi matang, atau buah yang sudah masak dan siap dipanen oleh petani. Jika kondisi suhu tinggi dan memiliki kelembaban yang rendah maka akan menyebabkan terjadinya proses tranpirasi meningkat sehingga mengakibatkan tanaman dapat mengeluarkan air melalui daun. Kemudian pertumbuhan tanaman akan terhambat dan menimbulkan terjadinya gugur  bunga dan buah. Hasil tanaman juga akan berkurang dan memiliki kualitas yang rendah sehingga menyebabkan terjadinya blossom end rot.Berdasarkan masalah yang terjadi, maka dengan menggunakan sistem pakar akan dapat memberikan kemudahan atau solusi dalam mendiagnosa penyakit blossom end rot pada tanaman solanum lycopersium syn dengan menggunakan teorema bayes. Teorema bayes adalah salah satu cara yang digunakan untuk menghitung probabilitas terjadinya sebuah peristiwa berdasarkan pengaruh yang diperoleh dari hasil penelitian (observasi).Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah aplikasi menggunakan perangkat lunak dekstop programming yang dapat mengimplementasikan metode teorema bayes untuk memperoleh hasil diagnosa yang pasti dan tepat. Aplikasi ini akan digunakan oleh petugas penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara.

Author Biographies

Maria Siregar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Muhyidin, T. Islami, and M. Dawam Maghfoer, “Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Pemberian Giberelin pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.),†J. Produksi Tanam., vol. 6, no. 6, pp. 1147–1154, 2018.

T. Septirosya, R. H. Putri, and T. Aulawi, “Aplikasi Pupuk Organik Cair Lamtoro Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat,†AGROSCRIPT J. Appl. Agric. Sci., vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.36423/agroscript.v1i1.185.

F. Alviansyah, I. Ruslianto, and M. Diponegoro, “Identifikasi Penyakit Pada Tanaman Tomat Berdasarkan Warna Dan Bentuk Daun Dengan Metode Naive Bayes Classifier Berbasis Web,†J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 05, no. 1, pp. 23–32, 2017.

D. L. Fay, “済無No Title No Title No Title,†Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–20, 1967.

P. Studi Sistem Informasi and S. Triguna Dharma, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES * Trinanda Syahputra #1 , Muhammad Dahria #2 , Prilla Desila Putri #3,†Saintikom, vol. 16, no. 3, pp. 284–294, 2017.

Downloads

Published

2021-01-26

URN