Penerapan Expert System Mendiagnosis Hama Chaetosiphon Fragaefolli (Kutu Daun) Pada Tanaman Strawberry Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Penulis

  • Atri Fransiska Simamora STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3558

Abstrak

Hama kutu daun merupakan organisme hidup yang mengganggu serta menyerang tanaman strawberry yang telah dibudidayakan. Masalah hama yang menyerang tanaman strawberry antara lain: kumbang penggerek daun (chrysocus auratus), tungau perusak daun (tetranycus), dan nematoda. Berdasarkan masalah yang terjadi, dengan menggunakan sistem pakar akan dapat membantu dalam mendiagnosis hama kutu daun pada tanaman strawberry menggunakan metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor merupakan metode yang mendefenisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta untuk menggambarkan tingkat keyakinan seorang pakar terhadap suatu masalah yang dihadapi. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat membantu untuk memperoleh hasil yang tepat. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh  Dinas Pertanian untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosis hama pada tanaman strawberry.

Biografi Penulis

Atri Fransiska Simamora, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

J. B. J. Manuhutu, F. Tumbel, and M. Rengkuan, “Efektivitas Perangkap Hama Kutu Daun Pada Pertanaman Stroberi ( Fragaria Sp .) di Kelurahan Rurukan Satu , Kota Tomohon,†vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2020.

Maya Rohmayati, Budidaya Stroberi di Lahan Sempit. Bandung, 2016.

S. Wahyu Nurwijayo, “Cara Mengendalikan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Strawberry.,†2020. .

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berk. Sainstek, vol. 5, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.19184/bst.v5i1.5370.

v. M. buyanov, “済無No Title No Title No Title,†Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–44, 1967.

Diterbitkan

2021-01-26

Terbitan

Bagian

Articles

URN