Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Calvin Sandika Harahap STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3551

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu persoalan bagi pemerintah baik di desa maupun di kota. Penyebab kemiskinan sendiri sangat bervariasi salah satunya, disebabkan oleh karena faktor lingkungan, sosio-kultural, ekonomi, politik, kebijakan publik dan sebagainya. Salah satu bentuk peningkatan kesejahteraan penduduk miskin yang dilakukan oleh pemerintah yaitu mengadakan berbagai macam program pengentasan kemiskinan yang diantaranya adalah program Beras Miskin (RASKIN) yaitu penyaluran beras bersubsidi kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) yang telah ditentukan. Masalah lain dalam pemberian bantuan adalah bantuan yang diberikan selama ini belum tepat sasaran sehingga banyak masyarakat yang seharusnya tersentuh oleh bantuan tersebut tidak mendapatkan apa yang menjadi haknya. Oleh karna itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan sebagai bentuk yang ditawarkan dalam pemilihan warga yang berhak menerima bantuan RASKIN. Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support System adalah System yang mampu memberikan kemampuan baik dalam pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunukasian untuk masalah semi terstektur. Dengan sistem pendukung keputusan, hasil yang diperoleh lebih objektif. Dari penelitian ini dihasilkan Aplikasi berbasis Dekstop agar di dapatnya perangkingan untuk menentukan siapa yang layak menerima bantuan Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa.

Author Biographies

Calvin Sandika Harahap, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Rahardian, N. Hidayat, and R. K. Dewi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation II (AHP-PROMETHEE II),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 5, pp. 1980–1985, 2017.

F. I.-R. P. Computer, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 306–309, 2018, doi: 10.31227/osf.io/ehksf.

P. Keputusan et al., “Pendukung keputusan pemilihan calon penerima beasiswa di smk ummul quro menggunakan metode moora,†2020.

N. Sutrikanti, H. Situmorang, F. H. Nurdiyanto and M. , "Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol.5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

Downloads

Published

2021-01-29

URN