Perancangan Sistem Alarm Dan Penyampaian Pesan Suara Pada Simpang Lalu Lintas Di Zebra Cross Dengan Teknik Counter Berbasis Arduino Uno

Authors

  • Irfan Juanda STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al Hafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3536

Abstract

         Zebra cros merupakan tempat penyebrangan jalan bagi pejalan kaki yang dibuat oleh pemerintah agar pejalan kaki lebih aman dalam melakukan penyebrangan jalan. Namun faktanya masih banyak pejalan kaki yang mengeluh dikarnakan tidak merasa nyaman saat menyebrang, karna masih banyak pengendara baik motor maupun mobil yang melanggar zebra cross.         Untuk meminimalisir permasalahan tersebut dibuatlah alat yang dapat mendeteksi kendaraan pada saat melanggar zebra cross, rangkaian elekronika yang digunakan seperti rangkaian Arduino, rangkaian modul photodiode(pemancar sinar), rangkaian output suara/buzzer, dan rangkaian speaker.         Dengan membangun system ini setidaknya dapat memperkecil adanya pelanggaran di zebra cross dan dapat memberi kenyamanan bagi pengguna jalan.

Author Biographies

Irfan Juanda, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Afdal Al Hafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

N. Widyaningsih and O. Daniel, “Analisis Karakteristik Dan Perilaku Penyeberangan Orang Pada Fasilitas Penyeberangan Zebra Cross Dan Pelican Cross (Studi Kasus Ruas Jalan M. H. Thamrin),†J. Pengemb. Rekayasa dan Teknol., vol. 15, no. 1, p. 27, 2019, doi: 10.26623/jprt.v15i1.1486.

S. R. Sulistiyanti, “Deteksi Pelanggaran Zebra Cross Pada Traffic Light Menggunakan Metode Deteksi Pelanggaran Zebra Cross Pada Traffic Light Menggunakan Metode Adaptif Background Subtraction,†no. October 2020, 2018, doi: 10.23960/elc.v12n3.2083.

D. Antono, “Lampu Pengatur Rambu Lalu Lintas Portable dengan Menggunakan Kendali Logika Terprogram,†pp. 147–159.

S. Kurniawan and H. P. Pratama, “ANALISIS KARAKTERISTIK PENYEBRANGAN PEJALAN KAKI,†vol. 9, no. 1, 2019.

A. Saefullah, D. Immaniar, and R. A. Juliansah, “SISTEM KONTROL ROBOT PEMINDAH BARANG MENGGUNAKAN,†2015.

M. Lamatenggo and Z. Acc, “Perancangan Balancing Robot Beroda Dua Dengan Metode Pengendali PID Berbasis Arduino Nano,†vol. 2, pp. 39–43, 2020.

Downloads

Published

2020-01-30

URN