Sistem Pakar Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jambu Kristal Menggunakan Metode Certainty Factor

Penulis

  • Roma Rophita STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • MHD Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3530

Abstrak

       Penyakit dan hama dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jambu kristal. Hama dan penyakit pada jambu kristal ditemukan pada umur lima sampai enam minggu, tetapi bersifat subklinis. Dalam bidang pertanian banyaknya petani jambu yang mengalami kerugian, karena tidak mengantisipasi penyakit pada tanaman jambu kristal khususnya petani baru yang masih pertama menjalankan dalam menanam jambu kristal, yang ingin berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pertaniannya. Oleh sebab itu para petani membutuhkan sistem konsultasi yang dapat memberitahukan solusi penyakit dan serangan hama yang dialami oleh jambu kristal yang berdampak pada hasil panen para petani. Akan tetapi dilihat dari segi keuangan , para petani belum tentu bisa membangun sebuah aplikasi diagnosa hama dan penyakit tanaman jambu kristal. Jadi Keilmuan yang cocok yang digunakan dalam mendiagnosa penyakit adalah sistem pakar. Sistem pakar adalah sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang terekam dalam komputer untuk memecahkan persoalan yang biasanya memerlukan keahlian manusia. dan saling bertukar informasi tentang pengetahuan khususnya dalam hal hama dan penyakit. Dalam permasalahan diatas, maka metode yang digunakan adalah  Certainty factor.Hasil metode ini dapat mendiagnosa hama dan penyakit setelah dilihat dari hasil perhitungan bobot dan semua gejala - gejala diinputkan, dihitung dengan menggunakan certainty factor.

Biografi Penulis

Roma Rophita, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

MHD Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

Riyadi, L., & Samsudin, S. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jambu Berbasis Desktop Menggunakan Metode Forward Dan Backword Chaining. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, Vol.5, No.3, pp. 29-35.

Suryana, M. F., Fauziah, F., & Sari, R. T. K. (2020). Implementasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty factor Untuk Mendiagnosa Dini Corona Virus Desease (COVID-19).

Hasibuan, N. A., Sunandar, H., Alas, S., & Suginam, S. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), Vol. 2, No.1,pp. 29-39.

Romalasari, A., Susanto, S., Melati, M., & Junaedi, A.. “Perbaikan Kualitas Buah Jambu Biji (Psidium guajava L.) Kultivar Kristal dengan Berbagai Warna dan Bahan Pemberongsong†Jurnal Hortikultura Indonesia, Vol. 8, No. 3, Desember 2017,pp. 155-161.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN