Decision Support System Dalam Penyaluran Bantuan BAZNAS Untuk Guru Ngaji Di Kecamatan Deli Tua Dengan Menerapkan Metode ARAS (Additive Ratio Assessment)

Authors

  • Revi Baihaqqi Daulay STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.3528

Abstract

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) merupakan badan penyaluran zakat yang berada di setiap Kabupaten/Kota, yang salah satunya didistribusikan di Kecamatan Deli Tua. Pada Kecamatan Deli Tua dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kelayakan penerima bantuan BAZNAS terutama untuk guru ngaji masih dengan cara manual. Dan dapat menghambat proses pemilihan dalam menentukan penerima bantuan BAZNAS tersebut. Maka dari itu diperlukan adanya sebuah sistem yaitu sistem pendukung keputusan untuk membantu menentukan penerima bantuan BAZNAS di Kecamatan Deli Tua. Dan metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah ARAS (Additive Ratio Assessment). yaitu dengan cara membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan alternatif optimal. Hasil dari penerapan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu Kecamatan Deli Tua dalam menentukan kelayakan penerima bantuan tersebut secara akurat, cepat, dan tepat. Serta diharapkan sistem ini dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada Kecamatan lain.

Author Biographies

Revi Baihaqqi Daulay, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Z. N. Nine Haryanti, Yini Adicahya, “Peran BAZNAS Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat,†e-conversion - Propos. a Clust. Excell., vol. 7, no. 14, 2020.

Baznas, “Profil BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional),†Badan Amil Zakat Nasional, 2019. baznas.go.id/profil.

M. A. Salim, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Menggunakan Metode Simple Additive Wieghting (SAW) Studi Kasus Kelurahan Tambelan Sampit Kota Pontianak,†SISTEMASI, vol. 7, no. 2, pp. 120–131, 2018.

N. K. Dewi, S. Aripin, R. K. Hondro, and A. Fau, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Game Untuk Anak Usia 5-10 Tahun Menggunakan Metode ARAS,†pp. 635–642, 2019.

S. L. Dadang Adib Fangsuri, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) Untuk Mendukung Penilaian Kinerja Guru Pada SDN Sentul 02,†vol. 8106, pp. 1–13, 2020, doi: 10.20895/INISTA.V2I2.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN