Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Suplier Pupuk Organik Terbaik Pada UD. Marvel Tani Jaya Desa Pargambiran Dengan Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Ifantri Josua Sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Ristamaya STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3526

Abstract

Pemupukan tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk sintetik maupun pupuk organik. Pupuk sintetik yang sering digunakan petani adalah pupuk urea dan NPK, sedangkan pemupukan menggunakan pupuk organik masih jarang dilakukan. Peggunaan input kimiawi (pupuk dan festisida sintetik) dengan dosis tinggi tidak hanya berpengaruh menurunkan tingkat kesuburan tanah,tetapi juga mengakibatkan pada merosotnya keanekaragaman hayati, meningkatnya serangan hama dan penyakit, timbulnya hama yang resisten dan berkembangnya organisme parasit. Dalam proses pemilihan pupuk tanaman hendaklah memilih suplier yang memiliki pupuk yang unggul dan berkualitas. Agar mempermudah dalam proses penentuan keputusan terkait pemilihan suplier pupuk maka dibuatlah sebuah program Sistem Pedukung keputusan. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem yang berguna dalam membantu user dalam menentukan sebuah keputusan dengan proses yang sistematis. Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menentukan suatu hal yang memiliki nilai kriteria yang dimana semakin banyak kriteria yang dipilih semakin besar kemungkinan sistem akan memilih objek tersebut.Dalam penyelesaian masalah terkait penentuan supplier pupuk ini, metode yang digunakan adalah meotde MOORA. Metode MOORA ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Ifantri Josua Sinaga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Ristamaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. Wulandari, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT . Alfindo dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),†J. Sist. Inf. Vol-1, vol. 1, no. 1, pp. 4–7, 2014.

S. W. Hati and N. S. Fitri, “Analisis Pemilihan Supplier Pupuk Npk Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp),†Inovbiz J. Inov. Bisnis, vol. 5, no. 2, p. 122, 2017, doi: 10.35314/inovbiz.v5i2.249.

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, and H. Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi- Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ( MOORA ),†vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

N. Hadinata, “Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory ( MAUT ) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit,†vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

N. W. Al-hafiz, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUKAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH MENERAPKAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS ( MOORA ),†vol. I, pp. 306–309, 2017.

J. Afriany, L. Ratna, S. Br, I. Julianty, and E. L. Nainggolan, “Penerapan MOORA Untuk Mendukung Efektifitas Keputusan Manajemen Dalam Penentuan Lokasi SPBU,†vol. 5, no. 2, pp. 161–166, 2018.

K. Nisa, A. Nur, and S. R. Andani, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OPERATOR SELULER MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS ( MOORA ),†vol. 2, pp. 305–310, 2018.

Downloads

Published

2022-07-20

URN