E-Recruitment Untuk Pemilihan IT Support Pada Bank BTPN Wilayah Sumatera 1 Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index)

Authors

  • Mhd Fachri Adrianta STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma
  • MHD Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3524

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi digital diera industry 4.0 setiap perusahaan menginginkan efesiensi dan efektivitas untuk mendukung segala operasionalnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan dalam menangani berbagai urusan dibidang teknologi. Salah perusahaan dalam Negeri yang membutuhkan karyawan pada bidang teknologi digital adalah Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) Wilayah Sumatera 1. Maka dari itu, pihak perusahaan melaksanakan proses recruitment karyawan pada divisi IT Support (Information Technology). Namun terdapat permasalahan pada pemilihan karyawan dalam proses recruitment karyawan IT Support, dimana pengambilan keputusan masih menggunakaan cara manual serta banyaknya jumlah calon pelamar dinilai kurang efektif dan efisien karena dapat mengakibatkan kesalahan personal dalam menentukan pelamar yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya Decision Support System yang akan dapat membantu para pengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi menggunakan metode Preference Selection Index yang bertujuan memecahkan masalah multi kriteria pengambilan keputusan didalam proses pemilihan karyawan pada recruitment karyawan IT Support. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi berbasis Website yang dapat membantu PT Bank BTPN Wilayah Sumatera 1 dalam memilih calon karyawan pada proses recruitment IT Support dengan efisien dan efektif. 

Author Biographies

Mhd Fachri Adrianta, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

MHD Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. I.-R. P. Computer, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018, doi: 10.31227/osf.io/ehksf.

E. Virgiani, D. Hermawan, and R. Pakpahan, “Analisa Kinerja Keuangan PT BTPN Tbk Periode 2015-2019,†Indones. J. Econ. Manag. Politek. Negeri Bandung, vol. 1, no. 1, pp. 62–71, 2020.

B. Poernomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Di Departemen Kehakiman Timor - Leste Dengan Menggunakan Metode SAW,†Positif, vol. 3, no. 1, pp. 10–19, 2017, doi: 10.31961/positif.v3i1.397.

Mesran and U. R. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Siswa Terbaik Pada Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Prfeence Selection Index ( PSI ),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 459–466, 2020, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/479/472.

Y. Ali and Aprina, “Penerapan Metode Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Pemberian Dana BOS Pada Siswa Kurang Mampu,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, no. 1, pp. 590–597, 2019, [Online]. Available: https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/203/198.

Downloads

Additional Files

Published

2019-01-30

URN