Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Harvesters Buah Kelapa Sawit Terbaik Pada PT. PP London Sumatera Indonesia Tbk, Sei Merah Estate Menggunakan Metode ARAS

Penulis

  • Anita Putri Ramadhani Maha STMIK Triguna Dharma
  • M. Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3520

Abstrak

Harvesters buah kelapa sawit merupakan salah satu pekerja di perkebunan PT. PP London Sumatera Indonesia Tbk, Sei Merah Estate yang memiliki peran penting dalam proses pemanenan. Dikarenakan tanpa harvesters maka  buah sawit yang sudah layak di panen tidak akan didapatkan. Proses pemanenan tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu untuk memberikan dukungan kepada seluruh harvesters yang bertugas, maka pihak perusahaan memberikan reward  yaitu berupa bonus tambahan kepada harvesters terbaik yang sudah mencapai target. Dalam melakukan pemilihan harvesters terbaik masih dilakukan dengan cara manual. Supaya tidak terjadinya kesalahan dalam melakukan pemilihan harvesters, dibutuhkan sebuah bidang ilmu sistem pendukung keputusan yang nantinya dapat membantu dalam melakukan proses pemilihan. Untuk itu dikembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) yang bertujuan untuk membantu dalam melakukan pengambilan sebuah keputusan dalam menentukan harvesters buah kelapa sawit terbaik. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka Sistem Pendukung Keputusan yang menggunakan perhitungan metode ARAS (Additive Ratio Assessment) dapat mempermudah pihak perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan harvesters buah kelapa sawit terbaik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Biografi Penulis

Anita Putri Ramadhani Maha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

M. Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Moch Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Referensi

R. Ugroseno and A. Wachjar, “Manajemen Pemanenan dan Penanganan Pasca Panen Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Teluk Siak Estate, Riau,†Bul. Agrohorti, vol. 5, no. 3, pp. 309–315, 2017, doi: 10.29244/agrob.v5i3.16468.

M. Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, K. Khasanah, and A. Iskandar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Pada Bagian Perencanaan Pt. Pln (Persero) Area Medan Menerapkan Preference Selection Index,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.966.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

F. Pohan and A. B. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Produksi Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ),†pp. 579–589, 2019.

C. Maulana, A. Hendrawan, A. Praba, and R. Pinem, “PEMODELAN PENENTUAN KREDIT SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 15, no. 1, pp. 7–11, 2019.

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN