Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Menentukan Karyawan yang Layak diangkat Menjadi Supervisor Pada Restaurant Bakso Urat ADS

Authors

  • Nur Al Isma STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3517

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif yang menyebabkan banyak perusahaan berupaya lebih keras untuk meningkatkan kualitas perusahaannya. Salah satu upaya yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satu sumber daya manusia itu adalah seorang Supervisor. Supervisor merupakan seseorang yang menangani orang-orang yang memproduksi dan atau melakukan kinerja pelayanan. Seorang supervisor bertanggung jawab untuk hasil orang-orang yang diawasi terutama mutu dan jumlah dari produk dan pelayanan. Salah satu permasalahan yang ada pada Restaurant Bakso Urat ADS adalah menentukan karyawan yang layak diangkat menjadi seorang supervisor dikarenakan dalam penentuannya masih secara manual tidak terkomputerisasi.Agar mudah dalam melakukan penyelesaian masalah terkait menentukan karyawan yang layak diangkat menjadi Supervisor maka dibuatlah sebuah program Sistem Pendukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang mampu memberikan hasil dalam melakukan suatu pemecahan masalah berdasarkan berbagai kriteria yang sudah ditentukan. Sistem ini sangat penting dalam membantu seorang pimpinan dalam mengambil sebuah keputusan. Program Sistem Pendukung Keputusan memerlukan sebuah metode dalam melakukan perhitungannya dan metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah terkait menentukan karyawan yang layak diangkat menjadi Supervisor adalah Preference Selection Index (PSI). Dikarenakan metode PSI tidak memerlukan penentuan kepentingan relatif dari sebuah kriteria, dan oleh karena itu, tidak perlu menentukan bobot kriteria. Dengan demikian, metode ini sangat berguna dalam kasus-kasus dimana konflik dalam memutuskan suatu kepentingan relatif diantara kriteria yang muncul. Metode PSI ini juga memiliki perhitungan yang mudah dipahami dan memiliki tingkat ke akuratan yang baik.Program Sistem Pendukung Keputusan yang telah dibangun diharapkan bisa membantu pihak Restaurant Bakso Urat ADS dalam menyelesaikan masalah yang ada terkait menentukan karyawan yang layak diangkat menjadi seorang supervisor.

Author Biographies

Nur Al Isma, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. T. U. Sya’bana, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Calon Supervisor Pada PT.Petnesia Resindo Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 3, pp. 29–34, 2016.

Z. Navita, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Dengan Menerapkan Metode Electre Pada Pt . Matahari Departement Store,†vol. 18, no. April, pp. 196–204, 2019.

R. Panggabean and N. A. Hasibuan, “Penerapan Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Supervisor Housekeeping,†vol. 1, no. 2, pp. 85–93, 2020.

M. Rizki and G. Ginting, “Penerapan Metode Preference Selection Index Dalam Pemilihan Teller Terbaik,†vol. 2, no. 2, pp. 127–134, 2020.

M. Ilham, I. Parlina, A. Maulana, E. K. Lubis, and S. I. Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SMA Negeri Terfavorit Kota Pematangsiantar Menggunakan Metode MOORA,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 16–20, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.861.

F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.921.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 291–300, 2019.

M. Kamal, “PERANAN SUPERVISOR DALAM MEMOTIVASI DI BANQUET SECTION HOTEL PANGERAN PEKANBARU,†vol. 8, no. 3, pp. 6–10, 2016.

Downloads

Published

2019-08-30

URN