Penerapan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) Dalam Menentukan Divisi Wilayah Harvester Kelapa Sawit Terbaik Pada PT. PP LONSUM Sei Merah

Authors

  • Fachri Fadillah Sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma Medan
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3509

Abstract

Perkebunan Sei Merah Estate adalah salah satu perkebunan yang dimiliki oleh PT.PP. London Sumatra Indonesia, Tbk yang berada di Sei Merah Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang dengan luas tanah 91.831 Ha dengan 33 Field atau Divisi wilayah Harvester. Pada setiap wilayah divisi memiliki masing-masing petugas dan pekerja yang berbeda beda.Pihak PT.PP Lonsum setiap periode panen biasanya akan melakukan proses evaluasi dan penilaian kinerja serta kualitas dari wilayah. Nantinya divisi harverster yang terbaik akan mendapatkan reward ataupun bonus khusus dari perusahaan. Namun, masalah yang terjadi adalah proses penilaian yang masih bersifat manual serta belum menggunakan kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan, belum lagi proses rekapitulasi data yang belum menggunakan sistem komputerisasi akan membuat proses penilaian kurang sistematis dan kurang akuratMaka dari itu, dibuatlah pemilihan divisi wilayah harvester terbaik di PT. PP LONSUM Sei Merah dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi metode ARAS untuk menyelesaikan masalah menentukan divisi wilayah harvester terbaik.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan dengan hasil berupa keputusan hasil penilaian penentuan divisi wilayah harvester terbaik dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai prioritas tertinggi.

Author Biographies

Fachri Fadillah Sinaga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

J. H. V Purba and T. Sipayung, “Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan,†J. Ilmu-Ilmu Sos. Indones., vol. 43, no. 1, pp. 81–94, 2017, [Online]. Available: http://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/view/717/521.

A. Trydillah, A. P. Windarto, and M. Fauzan, “Analisis Metode ANP pada Hubungan Kerja di PT. Pp. London Sumatera Indonesia, Tbk,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 31, 2021, doi: 10.30645/jurasik.v6i1.269.

V. Listyaningsih, H. Setiawan, E. Sudrajat, and R. P. Kristianto, “Dss Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Dengan Metode Weighted Product,†Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 6–7, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1668.

A. Whetyningtyas, “Peranan Decision Support System (Dss) Bagi Manajemen Selaku Decision Maker,†J. Anal. Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 102–108, 2011.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot,†Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

Downloads

Published

2021-01-29

URN