Decision Support System Dalam Menentukan Strategi Promosi Pada CV Niaga Maju Bersama Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Vanessa Aprilia STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.3508

Abstract

CV Niaga Maju Bersama adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk kebutuhan sehari-hari serta gencar melakukan promosi ke toko, kedai ataupun warung pada daerah daerah yamg berbeda. Namun, Masalah yang dihadapi oleh CV Niaga Maju Bersama adalah sulitnya menentukan strategi promosi yang selama ini masih menggunakan sistem manual dan juga begitu banyak daerah yang akan di kunjungi sehingga menimbulkan kendala khususnya dari efisiensi waktu.Oleh karena itu maka dibuatlah sebuah program Decision Support System atau yang dikenal dengan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Waspas yang berguna dalam membantu pihak CV Niaga Maju Bersama dalam menentukan sebuah keputusan dengan proses yang sistematis serta akurat yang dapat mempermudah dalam proses penentuan strategi promosi terkait pemilihan lokasi prioritas untuk promosi.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang sebelumnya akan dirancang dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan kemudian dibangun dengan menggunakan visual studio 2008 berbasis desktop sehingga menjadi sebuah program yang dapat menampilkan hasil keputusan dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai tertinggi pada setiap alternatif. Nilai terbaik memiliki prioritas tertinggi dalam menentukan strategi promosi CV Niaga Maju Bersama.

Author Biographies

Vanessa Aprilia, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

V. Listyaningsih, H. Setiawan, E. Sudrajat, and R. P. Kristianto, “Dss Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Dengan Metode Weighted Product,†Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 6–7, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1668.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

R. Deli, D. Erwandi, and K. Khoir, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Mahasiswa-KU di DPU-DT Priangan Timur Menggunakan Metode Weighted Product ( WP ),†no. x, pp. 58–67, 2017.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN