Decision Support System Menentukan Prioritas Calon Nasabah Surveillance Kredit Pada Koperasi Mekar Sari Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Chindy Ari Lugita STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3501

Abstract

Koperasi Mekar Sari adalah perusahaan Swasta Manajemen Sumber Daya Manusia yang bergerak dibidang simpan pinjam. Salah satu kendala yang dihadapi oleh Koperasi Mekar Sari dalam melakukan penentuan pemberian kredit adalah banyaknya nasabah yang mesti dikunjungi sehingga mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan skala prioritas mana yang berpotensi dan mesti didahulukan untuk dikunjungi terlebih dahulu.Agar mempermudah dalam proses pemilihan nasabah prioritas maka dibuatlah sebuah sistem yang akan mempermudah pihak koperasi mekarsari dalam menentukan pemberian kredit kepada nasabah yang dapat menghasilkan keputusan secara cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan sistem Decision Support System atau Sistem Pendukung Keputusan dengan metode WASPAS Sebagai metode komputasi.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan dengan hasil berupa keputusan hasil penilaian pemilihan nasabah prioritas pada Koperasi Mekar Sari dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai prioritas tertinggi.

Author Biographies

Chindy Ari Lugita, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma Medan

Manajemen Informatika

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

H. Situmorang, B. Damanik, S. Sibagariang, I. H. G Manurung, and U. Sari Mutiara Jl Kapten Muslin No, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Leasing Cs Finance,†vol. 4, no. 2, pp. 2502–714, 2019.

Y. Aldi Muharsyah, Soraya Rahma Hayati, M.Ikhsan Setiawan, Heri Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi Obective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN