Decision Support System Pemilihan Wakil Kepala Sekolah Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Pada SMK Cerdas Murni

Authors

  • Dewi Wati Bancin STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma Medan
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3500

Abstract

SMK Cerdas Murni adalah penyelenggara kegiatan pendidikan proses belajar mengajar yang ber status swasta, masalah yang terjadi pada SMK Cerdas Murni selama ini diantaranya adalah pemilihan wakil kepala sekolah yang belum menggunakan kriteria yang telah ditetapkan dan terkadang melalui penunjukkan secara langsung sehingga menimbulkan resiko dimana wakil kepala sekolah yang terpilih kurang tepat sasaran.Agar mempermudah dalam proses pemilihan wakil kepala sekolah, maka di buatlah sebuah sistem yang akan menentukan pemilihan wakil kepala sekolah dengan komputerisasi yang bertujuan menghasilkan keputusan yang cepat dan tepat serta mempermudah pihak sekolah dalam menentukan pemilihan wakil kepala sekolah secara akurat dengan menggunakan Decision Support System atau Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi metode Waspas Sebagai metode komputasi.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat melakukan perhitungan penilaian wakil kepala sekolah secara cepat dan akurat yang menghasilkan sebuah keputusan dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai prioritas tertinggi sehingga dapat membantu pihak SMK Cerdas Murni terkait masalah menentukan pemilihan wakil kepala sekolah.

Author Biographies

Dewi Wati Bancin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.594.

A. M. Arif, “Sistem pendukung keputusan dalam penilaian kinerja perawat menggunakan metode promethee pada puskesmas rena kandis kabupaten bengkulu tengah,†J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 5, pp. 7–15, 2019.

R. P. A. Nugroho and Purwanto, “Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Menggunakan Metode Profil Matching,†Eksplora Inform., vol. 5, no. 1, pp. 33–42, 2015, [Online]. Available: https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/74/57.

A. A, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menenetukan Calon (Tailor) Penjahit di Ranhouse Medan dengan Menggunakan Metode AggregatedSum Product Assesment,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2029.

Downloads

Published

2018-11-27

URN