SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT THEOBROMA CACAO MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF)

Authors

  • sapitri sapitri STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara (UMSU)
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3499

Abstract

Tumbuhan Cacao mengandung senyawa tanin dan merupakan senyawa organik komplek yang terdiri dari polifenol dan mempunyai sejumlah gugus hidroksi dan adakalanya terdapat dalam bentuk glikosida. Selain itu kulit buah Cacao diketahui mengandung senyawa aktif alkaloid yaitu theobromine. yang terdapat dalam kulit buah Cacao mengandung gugus aktif yang dapat berfungsi sebagai inhibitor korosi. Adapun permasalah yang dihadapi oleh pihak petani maupun instansi dinas pertanian dengan menyampaikan informasi peyakit tanaman theobroma cacao dan membutuhkan waktu lama untuk memanggil ahli dalam mendeteksi penyakit.Permasalahan tersebut dapat diselesaikan, maka salah satu cabang keilmuan yang dapat mendukung tersebut adalah sistem pakar. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, maka maka sistem yang dibangun dengan menggunakan metode certainty factor dalam mendiagnosa Penyakit Cacao. Certainty Factor yang merupakan suatu strategi pengambilan keputusan dengan factor kepastian Secara sederhana dapat dijelaskan, agar pengguna dapat berdialog dengan sistem pakar yang di rancang dengan sedemikian rupa sehingga mempermudah pengguna didalam berkomunikasi dengan sistem pakar.Hasil metode ini dapat menghasilkan sistem berbasis desktop yang mampu dapat mengatasi masalah dalam mendiagnosa penyakit Theobroma Cacao (cacao) lebih akurat dan efisien. Kata Kunci: Cacao, Certainty Factor, Sistem Pakar  

Author Biographies

sapitri sapitri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara (UMSU)

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Hadi, M. Misdram and R. F. Aini, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining," Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. II, no. 1, pp. 111-139, 2016.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "sistem pakar diagnosa penyakit pada kucing menggunakan metode dempster-shafer berbasis android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

A. Riadi, "Penerapan Metode Certainty factor Untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Pada Rsud Bumi Panua Kabupaten Pohuwato," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. IX, no. 3, pp. 309-316, 2017.

R. R. A. Hakim, E. Rusdi and M. A. Setiawan, "Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease: Cases Study of Banyumas Regency," Journal of Intelligent Computing and Health Informatics, vol. I, no. 2, pp. 26-38, 2020.

Hasibuan, N. A., Sunandar, H., Alas, S., & Suginam, S. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 2(1), 29-39.

A. Putri., Sistem Pakar Rekomendasi Dan Larangan Makanan Berdasarkan Jenis Penyakit Dengan Metode Forward Chaining, CITEE, 2015.

D. T. Yuwono, A. Fadlil and S. , "Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Coelogyne Pandurata," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. IV, no. 2, pp. 136-145, 2017.

S. , R. Nurmalina, " Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," Jurnal Intra-Tech, vol. I, no. 2, pp. 18-27, 2017.

Downloads

Published

2018-11-27

URN