Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Lokasi Cabang Baru Binatu Menggunakan Metode VIKOR (Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje) Pada Save My Shoe

Authors

  • Karunia Syah Putra Zebua STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3498

Abstract

Ketepatan penentuan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Selama ini pemiliki usaha Save My Shoe dalam mengambil keputusan untuk penentuan kelayakan lokasi baru usaha binatu Save My Shoe masih mengalami kesulitan karena masih menggunakan sistem manual. Juga tanpa adanya faktor-faktor apa saja yang dijadikan landasan untuk pembukaan lokasi usaha baru sehingga nantinya permasalahan tersebut akan menyebakan penilaian setiap lokasi tidak bernilai objektif karena penilaian yang dilakukan tidak adanya perhitungan yang dapat membuat hasil keputusan yang lebih akurat. Maka dari itu sering terjadi kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh human error.        Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah adalah suatu sistem yang ditujukan untuk mendukung pemilik usaha mengambil keputusan dalam menentukan kelayakan lokasi usaha baru. Metode yang diterapkan dalam sistem ini adalah metode VIKOR (Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje). Metode VIKOR adalah salah satu metode pengambilan keputusan multi kriteria atau yang lebih dikenal dengan istilah Multi Criteria Decision Making (MCDM). MCDM digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan kriteria yang bertentangan dan tidak sepadan. Metode ini berfokus pada peringkat atau perengkingan dan pemilihan dari sekumpulan alternatif  kriteria yang saling bertentangan untuk dapat mengambil keputusan untuk mencapai keputusan akhir dalam pemilihan kelayakan lokasi usaha baru                     Hasil dengan menggunakan metode VIKOR maka dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode VIKOR (Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje) dalam pemecahan masalah terkait penentuan kelayakan lokasi cabang baru binatu atau laundry pada Save My Shoe dan demi memudahkan pemilik usaha dalam menentukan kelayakan lokasi cabang baru usaha binatu atau laundry yang terbaik, akurat dan cepat.

Author Biographies

Karunia Syah Putra Zebua, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Pendahuluan, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN LOKASI SPBU DENGAN METODE VIKOR ( STUDI KASUS : SPBU DODO ( DEALER OWNED DEALER OPERATED )),†vol. 6, pp. 294–298, 2019.

N. E. P, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ),†vol. 3, no. 1, pp. 41–46, 2014.

B. J. Hutapea, S. Nurhabibah, P. T. Informatika, and K. Cabang, “Sistem pendukung keputusan pemilihan kepala cabang terbaik bank sumut dengan menerapkan metode vikor,†vol. 2, pp. 185–192, 2018.

I. Lestari, J. Fitri, E. N. Simanjuntak, S. D. A. P. Pardede, and M. A. Hasmi, “Penerapan VIKOR ( VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje ) Dalam Mendukung Keputusan Pemberian Bantuan Raskin,†pp. 315–321, 2018.

M. Vikor, D. A. N. Topsis, and D. Gui, “3 1,2,3,†vol. 8, no. Mcdm, pp. 330–342, 2019.

Downloads

Published

2018-10-27

URN