IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MENGANALISIS POLA PEMBELIAN PADA RESTORAN SEDERHANA

Authors

  • Randi Abizal STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3494

Abstract

Restoran Sederhana adalah perusahaan waralaba Indonesia yang bergerak di bidang jasa boga atau makanan dengan ciri khas masakan Padang, dimana berawal pada tahun 1972 dari sebuah rumah makan Padang kecil milik Bustaman di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta. Dalam mengelola restorannya, Bustaman yang berasal dari Lintau, Sumatra Barat, selalu menyesuaikannya dengan lidah orang kebanyakan, sehingga ia mengurangi rasa pedas dalam masakan Padang buatannya. Ia juga memiliki hidangan khusus, yakni Ayam Pop yang telah dikenal luas. Pihak manajemen Restoran Sederhana terkadang sering mengalami kendala dalam memenuhi pemesanan  makanan yang ada  dan terkendala dengan bahan baku. Oleh sebab itu Pihak manajemen Restoran Sederhana dituntut untuk mencari solusi dalam pengelolaan kebutuhan bahan baku makanan dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah mencari asosiasi dari menu makanan yang tersedia dengan cara mengikuti pola pembelian yang sering dilakukan pelanggan tersebut guna untuk mempermudah pengambilan keputusan persediaan bahan baku makanan yang ada di Restoran Sederhana. Untuk mengatasi permasalahan dalam tata kelola pembelian makanan pada Restoran Sederhana tersebut salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) yaitu analisis dari kebiasaan membeli konsumen dan algoritma Apriori. Metode Apriori  ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar menu makanan yang disediakan Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui pola pembelian menu makanan yang ada pada Restoran Sederhana dan untuk mengetahui manajemen bahan baku pembuatan menu makanan

Author Biographies

Randi Abizal, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program e S. Administrasi, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DI INDRAKO SWALAYAN TELUK KUANTAN,†vol. 2, nº 2, pp. 286-303, 2016.

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi,†Jurnal Edik Informatika, nº ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR,†Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, nº ISSN: 2406-7857, 2018.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum e F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),†vol. 9, nº 2.

Nurbayti, “Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital,†K O M A S K A M, vol. 1, nº 1, 2019.

H. Kusumo, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, nº 1, 2019.

I. P. Astuti, “ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN HUBUNGAN ANTARA JURUSAN SEKOLAH DENGAN TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA,†JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 12, nº 1, 2019.

F. A. Sianturi, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PENENTUAN TINGKAT PESANAN,†Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, nº 1, 2018.

Downloads

Published

2018-10-27

URN