Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Wilayah Pemasaran Terbaik Untuk Teh Pada PT. Surya Sentosa Sejahtera Menggunakan Metode WASPAS Berbasis Web

Penulis

  • Tri Ratna Mandani STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3493

Abstrak

PT. Surya Sentosa Sejahtera merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan pemasaran produk berbahan teh. Dalam perkembangannya perusahaan memiliki kesulitan dalam menentukan area pemasaran yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen di wilayah pemasarannya. Jika perusahaan tidak memperhitungkan besar kecilnya peluang pasar, maka akan terdapat kemungkinan bahwa pasar yang dituju oleh perusahaan menjadi tidak tepat sasaran dan konversi penjualan yang menjadi minim sehingga dapat merugikan perusahaan. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu perusahaan dalam memberikan keputusan terhadap masalah menentukan wilayah pemasaran terbaik untuk perusahaan. Penelitian ini menerapkan metode WASPAS yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Manfaat dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah pengambilan keputusan. Input yang diminta dari pengguna adalah kriteria-kriteria penilaian dan hasil yang diberikan sistem adalah keputusan mengenai wilayah pemasaran terbaik berdasarkan prioritas yang paling tinggi.  

Biografi Penulis

Tri Ratna Mandani, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

Kementrian Pertanian Indonesia, www.pertanian.go.id, "Produksi The Menurut Provinsi di Indonesia 2017-2021", tanggal akses 22 Maret 2021.

Elisabet YA, et al, "Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Sertifikasi Guru Dengan Menggunakan Metode Saw (Simple Additive Weighting) Studi Kasus SMAN 1 Pringsewu" Jurnal TAM, vol. 7, no. 1, Juni 2017.

Ida Chairani, et al, "Implementasi Metode Waspas Untuk Menentukan Ketua Kemuslimahan Pusat Komunikasi Daerah Lembaga Dakwah Kampus Sumut" Jurnal J-SISKO Tech, vol. 3, no. 2, Juli 2020.

Johan Edo Tanaka, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wilayah Pemasaran Pada Dewi Bakery Purwodadi Menggunakan Metode Weighted Product" Jurnal Teknologi Informasi vol. 3, no. 1, Juli 2017.

Anas, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras)" Jurnal Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, Januari 2019.

Haryani and Dina Fitriani, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada Collection Pt.Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching" Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, Juni 2019.

Noprin Pakaya and Amiruddin, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Kapal Pemuda Nusantara Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP)" Jurnal ILKOM, vol. 9, no. 3, Desember 2017.

Eko Arif Riyanto and Tuti Haryati, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELLER POOLING TERBAIK PADA PT. BCA TBK. DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)" Jurnal Nusa Mandiri, vol. 13, no. 3, Maret 2017.

Alfahmi Muhammad Arif, et al, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Perawat Menggunakan Metode Promethee Pada Puskesmas Rena Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah" Jurnal INFORMA, vol.5, no. 1, Maret 2019.

Adnan Buyung Nasution, "Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Rumah Sakit Bersalin Dengan Metode ANP" Jurnal Sistem Informasi Kaputama, vol.2, no. 1, Januari 2018.

Amelia Budi, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Balikpapan Menggunakan Analisis Hirarki Proses" Jurnal Sistem Informasi, vol.2, no. 2, Oktober 2019.

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN