Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penerima Bantuan Sanitasi Sekolah Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Arisa Risyadi Nasution Stmik Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin Stmik Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3485

Abstract

Program bantuan sanitasi sekolah pada satuan pendidikan SMA dimaksudkan untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat sebagai upaya bersifat promosi kesehatan dan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan masyarakat pada umumnya. Banyaknya kriteria penilaian dan jumlah sekolah membuat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan kesulitan dalam menentukan sekolah yang akan diusulkan sebagai penerima bantuan sanitasi. Maka dari itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam menentukan sekolah yang lebih layak menerima bantuan tersebut.        Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada dan Data Mining merupakan keilmuan yang dapat untuk mepredeksi suatu data berdasarkan varibel X dan mencari Nilai Y. Prediksi adalah suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang sesuatu yang paling mungkin terjadi di masa depan dan algoritma yang akan digunakan untuk meprediksi produksi ikan adalah Regresi Linear berganda.       Hasil menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan alternatif dalam menentukan penerimaan bantuan sanitasi sekolah dengan cepat dan akurat. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Bantua Sanitasi 

Author Biographies

Arisa Risyadi Nasution, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. G. Celesta and N. Fitriyah, “Gambaran Sanitasi Dasar Di desa Payaman, Kabupaten Bojonegoro Tahun 2016,†Jurnal Kesehatan Lingkungan, vol. 11, no. 2, pp. 89–90, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.unair.ac.id/JKL.

D. H. Khoir, U. Wismono, et. all, “Best Practice Sanitasi Sekolah Sehat,†Direktorat Pembinaan SMA, pp. 2–17, 2019.

Direktorat PSMA, “Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Program Renovasi Sanitasi,†pp. 5–10, 2019.

D. Kusumawati and Mohammad, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Beras Miskin Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) pada Kecamatan Banawa," Computer Science and Informatics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 59-70, 2018. [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/scientico/article/view/12060/pdf.

A. Herliana and P. M. Rasyid, “Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Software pada tahap Development Berbasi Web,†no. 1, pp. 41–50, 2016.

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),†J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

Downloads

Published

2020-01-30

URN