Smart Health Care Dalam Mendiagnosa Penyakit Feline Idiopathic Cystitis (FIC) Pada Felis Catus (Kucing Persia) Dengan Metode Certainty Factor (CF)

Authors

  • Yessi Ruhama Asirva Tanjung STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3484

Abstract

Penyakit hewan kucing persia sangat berdampak pada citra hewan. Karena kekurangannya dalam pengetahuan masyarakat serta tidak tercukupnya informasi yang dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit feline idiopathic cystitis pada hewan sejenisnya yang ingin mencoba menyerang kucing persia yang membuat penanganannya selalu dalam pengawasan. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah sebuah sistem pakar dengan menggunakan metode certainty factor, program ini dibuat untuk membantu mendiagnosa penyakit feline idiopathic cystitis beserta memberikan solusi. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan analisa terhadap penyakit feline idiopathic cystitis pada kucing persia, sehingga dapat memberikan hasil informasi dan pengetahuan. Sehingga masyarakat mendapatkan solusi untuk mengatasi penyakit tersebut.

Author Biographies

Yessi Ruhama Asirva Tanjung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

D. L. P. Lestari and Y. Y. C. Y. A. Raharjo, “Lynxacariasis pada Kucing Persia,†Indones. Med. Veterinus, vol. 8, no. 2, pp. 169–176, 2019, doi: 10.19087/imv.2019.8.2.169.

S. A. Fauhani, B. B. Tanudjaja, and D. K. Salamoon, “Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Panduan Dalam Memelihara Kucing Untuk Remaja dan Dewasa Muda usia 16 – 24 Tahun,†pp. 1–9.

D. Palguna, Jusak, and E. Sutomo, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Sist. Inf. Situs, vol. 3, no. 1, 2014.

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor (CF),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 5, pp. 2127–2134, 2018.

S. Mulya, “Sistem Cerdas Untuk Mendiagnosa Penyakit Kucing Persia Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor,†J. Tek. Inform. UDINUS, 2015, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/16988/1/jurnal_16234.pdf.

Downloads

Published

2021-01-29

URN