Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Mitra Jasa Logistik dengan menggunakan metode MOORA (Multi Objective Optimization by Ratio Analysis) pada PT LEL EXPRESS

Authors

  • Vivi Aniaty Simamora Stmik Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi Stmik Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3480

Abstract

 PT LEL EXPRESS perusahaan besar yang begerak dalam bidang teknologi ataupun transaksi barang dengan sistem pengiriman barang. Dengan perushaan yang , maka perusahaan membutuhkan mitra jasa yang berkualitas dalam pengiriman barang. Dengan banyaknya mitra jasa pengiriman barang membuat perusahaan PT LEL EXPRESS  sulit dalam memilih dan mempunyai masalah dalam menentukan mitra jasa pengiriman barang yang paling baik dalam pengiriman  yang aman sampai tujuan  yang diinginkan  tanpa ada kendala apapun yang kemungkinan bisa saja terjadi. Kondisi persaingan yang semakin ketat, membuat setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang.       Dari permasalahan tersebut, maka dapat dibutuhkan mitra jasa logistik, maka dibutuhkan penyelesiksan  mitra  jasa logistikdengan menggunakan sistem dengan pengambilan keputusan. Dengan menggunakan metode MOORA dapat mempercepat dalam pengambilan keputusan dipahami dalam memisahkan bagian subjektif dan mempersingkat pemilihan.        Hasil yang didapatkan, dapat membantu dalam pemilihan mitra jasa logistik dengan melakukan penyeleksian berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan pada PT LEL EXPRESS. Kata Kunci: Mitra Jasa Pengiriman, Moora, Sistem Pendukung Keputusan

Author Biographies

Vivi Aniaty Simamora, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. Manurung and R. , "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN MITRA JASA PENGIRIMAN BARANG TERBAIK DI KOTA KISARAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. Vol. V No. 2, no. 2550-0201, pp. 133-138, 2019.

Mesran, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA," MEDIA Informatika Budidarma, vol. Vol 2, no. ISSN 2548-8368 , pp. 16-22, 2018.

R. F. Sinaga, "PENENTUAN PENERIMA KIP DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOORA PADA SD NEGERI 124395 PEMATANGSIANTAR," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. Volume 2, no. ISSN 2597-4610, pp. 278-285, 2018 .

R. A. Kasengkang, S. Nangoy and J. Sumarauw, "Analisis Logistik (Studi Kasus Pada PT. Remenia Satori Tepas-Kota Manado)," Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. XVI, no. 1, pp. 750-759, 2016.

A. Khamdan, "Partnership Program System Trought Si Bule Albino Institutional Business By Mine Firm In Binuang District Kab. Tapin," Jurnal Adbispreneu, vol. 1, no. 1, pp. 73-84, 2016.

R. and N. Manurung, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Mitra Jasa Pengiriman Barang Terbaik Di Kota Kisaran Menggunakan Metode TOPSIS," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. V, no. 2, p. 133 – 138, 2019.

A. Octavia, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MUTASI KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ORESTE (STUDI KASUS: PDAM TIRTA DELI KAB. DELI SERDANG)," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. Volume 7, pp. 93-95, 2020.

Downloads

Published

2021-01-26

URN