Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kelompok Tani Penerima Bantuan Bibit Jagung Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Authors

  • Desra Anestika Br. Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.3478

Abstract

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai merupakan instansi pemerintah yang bergerak di bidang pertanian. Dimana instansi ini memiliki program pemberian bantuan bibit jagung kepada kelompok tani. Namun dalam proses penyeleksian kelompok tani tersebut masih menggunakan dengan cara manual. Sehingga dalam proses penyeleksiannya membutuhkan waktu yang lama dan terkadang tidak tepat sasaran  dalam  penyaluran bantuan tersebut dikarenakan terjadi kekeliruan pada saat proses penyeleksian kelompok tani penerima bantuan bibit jagung. Kondisi seperti ini memerlukan sebuah sistem yang mampu menjadi solusi atas permasalahan tersebut dengan memanfaatkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu instansi tersebut dalam menentukan kelompok tani penerima bantuan bibit jagung dengan menggunakan metode Weighted Product (WP). Dengan demikian hasil dari penelitian ini adalah sebuah program sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelompok tani penerima bantuan bibit jagung menggunakan metode Weighted Product (WP).

Author Biographies

Desra Anestika Br. Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

T. Noviyanti, “Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penerimaan Beasiswa Ppa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Universitas Gunadarma),†J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 1, pp. 35–45, 2019.

O. Veza and N. Y. Arifin, “Sistem Pendukung Keputusan Calon Mahasiswa Non Aktif Dengan Metode Simple Additive Weighting,†J. Ind. Kreat., vol. 3, no. 02, pp. 71–78, 2020.

R. Roni, S. Sumijan, and J. Santony, “Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi Peserta Didik,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 87–93, 2019.

K. Eliyen and F. S. Efendi, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 4, no. 1, pp. 146–150, 2019.

Downloads

Published

2019-12-26

URN