Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Seleksi Kelompok Tani layak menerima Pupuk Bersubsidi pada Kecamatan Sianjur Mulamula menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Penulis

  • Novayanti Angelia Sinaga Stmik Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3476

Abstrak

UPTD BPP Wil.1 pada Kecamatan Sianjur Mulamula merupakan unsur pelaksana urusan pemerintah di bidang tanaman pangan penyuluhan pertanian, prasarana pertanian dan holtikura, memiliki masalah dalam pengambilan Keputusan dalam menentukan kelayakan Kelompok tani Penerima Bantuan Pupuk Bersubsidi karena diakibatkan pendataan  secara tidak menyeluruh dan penyaluran yang dilakukan tidak transparansi. Untuk itu pihak terkait membutuhkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan pemilihan kelompoktani yang terpilih.          Dari permasalahan diatas metode weighted Product (WP) dapat membantu pengambilan keputusan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan dapat sebagai penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria dan menggunakan teknik perkalian untuk menghubungkan rating atribut dimana rating tiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan yang dapat menentukan kelompok tani yang layak menerima Pupuk Bersubsidi berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.          Hasil Penelitian ini adalah sebuah system yang mengadopsi merode weighted Product (WP) dalam upaya meneyelesaikan maslah di UPTD BPP Wil. 1 pada Kecamatan Sianjur Mulamula dalam hal menentukan Kelompok tani yang layak menerima Bantuan Pupuk Bersubsidi sehingga dapat membantu pihak UPTD BPP Wil.1 pada Kecamatan Sianjur Mulamula.

Biografi Penulis

Novayanti Angelia Sinaga, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

[Y. Labolo, “Kelompok Tani Menggunakan Metode Profile Matching,†vol. 4, no. 1, 2019.

N. Marpaung, M. Handayani, and R. Yesputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (WP) Pada STMIK Royal,†Semin. Nas. R. 2018, vol. 9986, no. September, pp. 267–270, 2018.

M. M. Aliy Hafiz, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Pendekatan Weighted Product,†Cendikia, vol. 15, no. 2, pp. 23–28, 2018.

R. Roni, S. Sumijan, and J. Santony, “Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi Peserta Didik,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, pp. 87–93,2019.

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN