Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Cabang Baru Dengan Menggunakan Metode ARAS Pada Ud. Danau Toba

Authors

  • Orin Sinambela STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.3474

Abstract

Pembukaan cabang baru merupakan salah satu bagian perwujudan ekspansi sebuah bisnis usaha. Tentunya pemilik usaha harus mempersiapkan dan mempertimbangkan parameter-parameter yang berpengaruh terhadap tempat yang strategis, sehingga tujuan pembukaan cabang baru sesuai dengan yang diharapkan. Kurangnya persiapan dan pertimbangan yang baik menyebabkan pembukaan cabang baru menjadi suatu perhatian  penting bagi pemilik usaha.Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan, salah satunya dengan membangun sistem pendukung keputusan. Dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam menentukan tempat yang strategis untuk membuka cabang Ud. Danau Toba. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dengan memasukkan data kerusakan dan gejala-gejala.Sehingga dengan adanya sistem pendukung keputusan ini bisa mempermudah pemilik Ud. Danau Toba mendapatkan informasi tentang menentukan tempat yang strategis untuk membuka cabang baru Ud. Danau Toba di Medan. Sehingga dapat membantu pemilik Ud. Danau Toba dalam menemukan saran dan solusi terhadap tempat yang strategis untuk membuka cabang Ud. Danau Toba di Medan.

Author Biographies

Orin Sinambela, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. A. N. Pasar, M. Di, and K. Marpoyan, “Analisis Karakteristik Konsumen yang Berbelanja Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Tradisional dan Pasar Moderen di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru,†no. 115, 1998.

P. Pada, P. Warung, and S. Di, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT MANADO,†vol. 17, no. 02, pp. 24–35, 2017.

“Analisis Faktor Penentuan Lokasi Usaha - JADI.†.

P. Soepomo, “Lokasi Pembukaan Cabang Usaha Variasi Mobil,†vol. 1, pp. 140–149, 2013.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019, [Online]. Available: https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/215/210.

Downloads

Published

2020-12-30

URN