“Implementasi Web Service Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Metode Representational State Transfer (REST)”

Authors

  • Muhammad Yasir Arif STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.3473

Abstract

Teknologi informasi dari hari ke hari terus berkembang, sehingga berbagai macam teknologi, bahasa pemrograman, dan arsitektur beragam terus bermunculan. Hal tersebut menjadikan permasalahan baru karena pada zaman sekarang semua perbedaan tersebut harus tetap bisa menghasilkan sebuah informasi yang saling terhubung. Maka, diperlukan integrasi sistem. Saat ini Web Service (WS) adalah solusi dalam integrasi sistem karena tanpa melihat platform, arsitektur maupun bahasa pemrograman yang digunakan oleh sumber berbeda. Namun, pada WS keamanan yang ada masih dirasa kurang. Penerapan JSON Web Token (JWT)  dan Open Authorization (OAUTH) pada WS sangat berpengaruh dalam hal keamanan data. JWT merupakan mekanisme autentikasi pada WS, sedangkan OAUTH merupakan mekanisme otorisasi yang memungkinkan pihak ketiga untuk dapat mengakses sumber daya dengan akses tertentu melalui protokol HTTP. Oauth dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan klasik pada model autentikasi pada client-server.Web service adalah sebuah layanan yang disediakan oleh sistem untuk meningkatkan kolaborasi sistem menggunakan format yang bersifat universal.Salah satu untuk meningkatkan dukungan web service yaitu dengan mengimplementasikan arsitektur metode REST (Representational State Transfer).

Author Biographies

Muhammad Yasir Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Wiyono S. Didiek and Wijayanto A, “Implementasi REST Web Service Dengan Menggunakan Json Pada Aplikasi Mobile Enterprise Resource Planning,†vol. 11, no. 2 143-152, 2017, doi: 10.31227/osf.io/pjwxd.

M. A. Arianto, Munir Sirojul, K. Khotimah “Analisis dan Perancangan Representational State Transfer (REST) Web Service Sistem Informasi Akademik STT Terpadu Nurul Fikri Menggunakan YII Framework,†J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 43–46, 2019, doi: 10.47292/joint.v1i2.8.

AA Gede Yudhi Paramartha, Gusti Ketut Suryaningsih, Kadek Yota Ernanda “Implementasi Web Service Pada Sitem Pengindeksian Dokumen Tugas Akhir, Skripsi dan Praktek Kerja Lapangan,†vol. 5, no. 2, pp. 558–566, 2016.

MUSRIFAH, “Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan Human Organization Technology (HOT) it Model di Perpustakaan Perguruan Tinggi,†JIPI, Univ. Tanjungpura, vol. 2, no. 2, pp. 87–94, 2017, [

M. I. KURNIAWAN, U. SUNARYA, and R. TULLOH, “Esensi Perencanaan Bisnis yang memadai Bagi Usaha Mikro kecil dan Menenngah (UMKM)†ABDIMAS BSI J. T., vol. 1, no. 3, p. 1, 2018, doi: 10.26760/elkomika.v6i1.1.

Manopo H, Arie Valdi F, “Pengaruh Struktural Modal Ukuran Perusahaan dan Proitbilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014,†J. Inf., vol. 3, no. 2, p. 57, 2019, doi: 10.25139/inform.v3i2.1010.

D. F. R. Yeni Hernawati1), Nanda Pramayasti Mulyadi2), Trida Lestari3), “Analisisi layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang†2020.

Downloads

Published

2019-12-26

URN