Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Monstera Adansonii (Janda Bolong) Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Jesica Ambarwati Aprilia STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.3470

Abstract

Monstera adansonii merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari amerika tengah dengan iklim tropis. Tanaman monstera adansonii dikenal dengan adanya lubang daun yang dimiliki dengan alami. Tanaman monstera adansonii bisa tumbuh hingga 20 meter jika berada di alam liar, sedangkan jika di dalam ruangan tanaman monstera dapat tumbuh hingga satu meter.Monstera adansonii juga merupakan tanaman hias yang paling diminati oleh masyarakat pada saat pendemi covid19 dikarenakan melakukan kegiatan dirumah saja. Salah satu masalah yang terjadi adalah timbulnya penyakit yang meyerang tanaman monstera adansonii sehingga para pemilik tanaman kesulitan dalam mengatasi penyakit pada tanaman tersebut. Dalam hal ini diperlukan sistem pakar sebagai alternatif untuk membantu seorang pakar untuk mendiagnosa dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada tanaman monstera adansonii. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer. Sedangkan metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah certainty factor. Metode certainty factor dipilih untuk mengakomodasi faktor kejadian berdasarkan bukti dan hasil laporan pakar dengan menggunakan nilai persentase untuk mengasumsikan tingkat keyakinan pakar terhadap suatu data. Hasil teresebut dapat membantu masyarakat dalam melakukan diagnosa terhadap penyakit yang menyerang tanaman hias monstera adansonii yang dimiliki.Hasil penelitian ini berupa suatu aplikasi Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Monstera Adansonii (Janda Bolong) Menggunakan Metode Certainty Factor yang nantinya dapat menentukan jenis penyakit yang menyerang tanaman monstera adansonii.

Author Biographies

Jesica Ambarwati Aprilia, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

B. G. Alhogbi, “Monstera Adansonii,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 21–25, 2017, [Online]. Available: http://www.elsevier.com/locate/scp.

I. Akil, “Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining Dan Backward chaining pada sistem pakar,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 35–42, 2017.

M. E. s. rahayu. rahman@gmail. co. (correspondence author) Rahman S.R, Universitas Sulawesi Barat, “Variasi Morfologi Tumbuhan Famili Araceae Di Wilayah Kabupaten Majene,†Pros. Semin. Nas. Pendidik. Biol., pp. 505–511, 2018.

A. H. Permana, R. A. Asmara, and A. R. Tri, “Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Apel Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Inform. Polinema, vol. 1, no. 3, p. 7, 2017, doi: 10.33795/jip.v1i3.106.

N. Y. L. Gaol, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Citrus ( Lemon ) Mengggunakan Metode Certainty Factor,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, pp. 1–10, 2020.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN