Sistem Pakar Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Aglaonema Widuri Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Dede Hariani STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3466

Abstract

Tanaman Aglaonema adalah salah satu tanaman hias yang paling digemari masyarakat indonesia pasca pandemi covid19. Hama penyakit pada tanaman hias Aglaonema juga menjadi masalah yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat sehingga membutuhkan seorang ahli pakar tanaman khususnya untuk tanaman hias. Sistem pakar mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman aglaonema widuri menggunakan metode Certainty Factor merupakan suatu bentuk pengaplikasian sistem yang terkomputerisasi dalam bidang teknologi dan informasi yang nantinya dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan pada saat mendiagnosa hama dan penyakit yang menyerang tanaman aglaonema widuri, serta memberikan solusi dalam menangani tanaman yang sudah terserang hama dan penyakit. Certainty Factor digunakan karena metode ini mampu membantu mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan serta dapat memberikan persentase hasil diagnosa. Dari hasil pengujian program sistem pakar akan didapatakan hasil yang sama dengan perhitungan manual dengan menggunakan metode Certainty Factor.Sistem yang dibangun ini akan menganalisa berdasarkan data gejala – gejala yang ada yang di masukan oleh user sehingga di dapatkan suatu hasil identifikasi penyakit pada tanaman aglaonema widuri berupa nama penyakit tingkat akurasi dan cara penanganannya.

Author Biographies

Dede Hariani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

M. F. Ilmi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Karet,†Jutisi, vol. 1, no. 3, pp. 67–70, 2017.

https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/585/605.

R. R. Permanawati and A. Yulianeu, “Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter Dan Oreste,†Jumantaka, vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2018.

I. Telaumbanua, E. Panggabean, and A. Gea, “Sistem Diagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Wortel Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Armada Inform., vol. 2, no. 2, pp. 99–108, 2018, doi: 10.36520/jai.v2i2.32.

D. Anjamani and D. Zulfita, “Efektivitas Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Aglaonema ‘ Dud Anjamani ’ Effectiveness of Different Organic Liquid Fertilizers Types on Growth of Aglaonema,†vol. 5, no. 2, pp. 129–135, 2020.

D. Anjamani and D. Zulfita, “Efektivitas Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Aglaonema ‘ Dud Anjamani ’ Effectiveness of Different Organic Liquid Fertilizers Types on Growth of Aglaonema,†vol. 5, no. 2, pp. 129–135, 2020.

Downloads

Published

2021-01-12

URN