Perbandingan Metode TOPSIS Dan SAW Dalam Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mustahiq di Masjid Al-Furqaan Medan

Penulis

  • Aldi Fikri Nur Tanjung STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3465

Abstrak

Dana zakat yang terkumpul terbatas, maka diperlukan suatu perhitungan untuk menentukan mustahiq prioritas. Salah satu caranya adalah membuat perhitungan yang didalamnya terdapat ketelitian, serta transparansi. Menentukan mustahiq prioritas tidaklah mudah. Sebelum mendapatkan mustahiq prioritas, terlebih dahulu mencari tau tentang data diri calon mustahiq, kemudian membandingkan dan memilih calon mustahiq prioritas yang sesuai dengan kriteria.Untuk membantu pihak badan amil zakat dalam menentukan mustahiq prioritas maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan berbasis komputer webiste. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan adalah pekerjaan, pendapatan, tanggungan, tempat tinggal, kepemilikan tempat tinggal, riwayat penyakit, sumber air dan umur. Penelitian ini membandingkan metode topsis dan saw, dimana metode tersebut menunjukkan hasil yang berbeda, dikarenakan terdapat perbedaan algoritma perhitungan dan perbedaan skala nilai pembobotan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan metode topsis, alternatif pertama dengan nilai 0,5884 ditetapkan sebagai pilihan utama. Sedangkan, perhitungan menggunakan metode saw alternatif pertama dengan nilai 0,7133 ditetapkan sebagai pilihan utama. Metode saw lebih direkomendasikan untuk menentukan mustahiq dibandingkan metode topsis karena hasil yang diperoleh lebih besar.

Biografi Penulis

Aldi Fikri Nur Tanjung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

T. Prihatin, “Perbandingan Metode TOPSIS Dan SAW Dalam Penentuan Guru Berprestasi,†J. Tek. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 29–34, 2019.

S. Sunarti, “Perbandingan Metode TOPSIS dan SAW Untuk Pemilihan Rumah Tinggal,†JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 69–79, 2018.

H. N. Sari and A. Fatmawati, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENENTU BERAS MISKIN MENGGUNAKAN METODE SAW DAN TOPSIS (Studi Kasus: Desa Semagar Girimarto Wonogiri),†J. Mitra Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 96–108, 2019.

R. McLeod and G. P. Schell, Management information systems, vol. 104. Pearson/Prentice Hall USA, 2007.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, “Decision Support Systems and Intelligent System,(Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Ed. 7. Jld. 2,†2005.

Diterbitkan

2021-01-12

Terbitan

Bagian

Articles

URN