Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Supplier Batu Bata Pada Panglong Adi Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Yulisna Efrida STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3463

Abstract

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berubah warna menjadi kemerah-merahan. Batu bata yang bagus kualitasnya yaitu yang matang dengan sempurna, memiliki tekstur yang padat dan keras sehingga tidak gampang pecah. Oleh sebab itu pemilik usaha harus pandai dalam memilih supplier yang tepat demi kemajuan uasahanya. Supplier adalah proses untuk mendapatkan barang dan jasa yang berguna untuk menjamin kelancaran proses produksi dan logistik suatu perusahaan. Dalam melakukan proses pengadaan, sangat sering terjadi permasalahan pada aktivitas pemilihan pemasok. Hal ini disebabkan karena proses pemilihan pemasok menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk mengumpulkan data dan melakukan analisis dengan cermat.  Dalam penentuan pemilihan supplier membutuhkan peerhitungan yang teliti dan melalui tahapan-tahapan. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem untuk menentukan kelayakan supplier batu bata dengan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan.

Author Biographies

Yulisna Efrida, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informassi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, and H. Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi- Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ( MOORA ),†J. Ris. komputer(JURIKOM), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

B. Siburian, M. Octiviani, and Milawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lampu Terbaik Menerapkan Metode Vikor,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., no. 1970, pp. 496–500, 2018.

M. Waspas et al., “Bab 10 Metode WASPAS 10.1,†pp. 1–12, 2012.

M. A. Umaindra, D. Pujotomo, and P. A. W, “PERANCANGAN MODEL PEMILIHAN SUPPLIER PRODUK CETAKAN DENGAN MENGGUNAKAN GREY BASED TOPSIS ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG ),†vol. 13, no. 2, pp. 99–108, 2018.

Downloads

Published

2018-10-27

URN