Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Getah Hevea Brasiliensis (Karet) Terbaik Pada PT. Timbang Deli Medan Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Authors

  • Yuni R.h Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.3458

Abstract

Karet (Hevea brasiliensis) merupakan tanaman yang menghasilkan suatu komoditas yang paling banyak dikembangkan di Indonesia. Bagian yang dimanfaatkan dari pohon karet ialah getahnya yang didapat dari proses penyadapan. Kualitas adalah suatu faktor yang sangat berperan penting dalam dunia perdagangan. Getah karet berkualitas akan sangat mempengaruhi pendapatan perusahaan itu sendiri. Namun dalam menilai kualitas getah karet pada PT.Timbang Deli Medan masih menggunakan cara konvensional dalam menentukan kualitas getah karet tersebut. Oleh karena itu peneliti membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu PT.Timbang Deli Medan untuk menentukan kualitas getah karet terbaik. Sistem yang dirancang menggunakan metode Weighted Product (WP). Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah pada PT. Timbang Deli Medan untuk menentukan kualitas getah karet terbaik. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu PT. Timbang Deli Medan dalam menentukan kualitas getah karet terbaik  dengan cepat dan akurat. Maka dirancang suatu aplikasi yang dimana menggunakan bantuan UML dan nantinya tercipta sebuah aplikasi berbasis desktop.

Author Biographies

Yuni R.h Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Z Kumalawati, Sufyan, and Arham, "Tingkat Produksi Lateks Tanaman Karet(HaveabrasiliensisL.) Pada Berbagai Umur Tanaman," Agroplantae, Vol. 8, No. 12, Maret 2019, pp. 18-26. [Online].Tersedia: jurnal.lipi.go.id/agroplantae , http://www.agroplantaeonline.com

P Alkhairi and A.P Windarto," Penerapan K-Means Cluster Pada Daerah Potensi Pertanian Karet Produktif di Sumatera Utara," Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), Januari 2019, pp. 762-767. [Online].Tersedia: Putrama Alkhairi, https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

C.I Permata, "Perbandingan Hasil Rias Karakter Luka Robek Tiga Dimensi Pada Tangan Menggunakan Kosmetik Lateks Dan Gelatin," e- Journal , Vol. 05, No. 01, Juli 2016, pp. 15-22.

N Yusro and Rahmiati, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Karet Berdasarkan Kualitas Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) PT. Bangkinang Pekanbaru," Ilmiah Media Processor, Vol. 11, No. 1, April 2016.

M Simarmata, A Saleh, and M.B Akbar, "Penerapan Metode SMARTER Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Getah Karet (Studi Kasus : PTPN III Medan) Implementation Of The SMARTER Method In Decision Supporting Systems To Determine The Rubber Quality (Case Study: PTPN III Medan)," Masyarakat Telematika dan Informasi, Vol. 10, No. 1, Januari – September 2019, pp. 13-25.

A.S Harahap, Tulus, and E Budhiarti, "Penerapan Metode Entropy Dan Metode Promethee Dalam Merangking Kualitas Getah Karet," Pelita Informatika, Vol. 6, No. 1, Juli 2017, pp. 13-18.

F Susanto, et. al, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kualitas Jambu Biji Unggulan Menggunakan Metode Weighted Product," JTKSI, Vol. 01 No. 03, September 2018, pp. 47-53.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN