Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Produksi Ikan Air Tawar Di Kabupaten Pakpak Bharat Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Penulis

  • Sari Roulina Berutu Stmik Triguna Dharma
  • Ishak Ishak Stmik Triguna Dharma
  • Faisal Taufik Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3457

Abstrak

 Daerah Pakpak Barat, mempunyai masyarkat rata-rata dengan pekerjaan bagian perikanan dan menghasilkan produksi ikan. Pada tahun 2021, meningkatnya permintaan ikan yang mengakibatkan petambak ikan mengalami kendala dalam mengstimasi modal untuk menentukan jumlah produksi ikan.        Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada dan Data Mining merupakan keilmuan yang dapat untuk mepredeksi suatu data berdasarkan varibel X dan mencari Nilai Y. Prediksi adalah suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang sesuatu yang paling mungkin terjadi di masa depan dan algoritma yang akan digunakan untuk meprediksi produksi ikan adalah Regresi Linear berganda.        Penerapan Regresi Linear yang merupakan salah satu metode statistik yang dipergunakan dalam produksi untuk melakukan peramalan ataupun prediksi tentang karakteristik kualitas maupun kuantitas. Selain itu metode Regresi Linear Berganda dapat digunakan untuk memprediksi sesuatu di masa depan dengan menggunakan lebih dari 3 faktor atau variabel yang memiliki pengaruh terhadap apa yang akan diprediksi. Sehingga Algoritma Regresi Linear sangat sesuai dan dapat sebagai alat bantu untuk memprediksi produksi ikan konsep keilmuan Data Mining. Kata Kunci: Data Mining, Regresi Linear Berganda, Produksi Ikan Air Tawar 

Biografi Penulis

Sari Roulina Berutu, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, Stmik Triguna Dharma

Sisem Informasi

Faisal Taufik, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, " Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

M. R. Julianti, M. I. Dzulhaq and A. Subroto, "Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web pada PT Astari Niagara Internasional," JURNAL SISFOTEK GLOBAL , vol. IX, no. 2088 – 1762, pp. 92-97, 2019.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016

Diterbitkan

2020-06-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN