Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Calon Kreditur Pada PT.ITC Finance SM Raja Medan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Sri Marentika Tarigan Stimik Triguna Dharma
  • Hendra Jaya Stmik Triguna Dharma
  • Ismawardi Ismawardi Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3456

Abstract

Kredit berasal dari kata cedere yang artinya adalah kepercayaan atau credo/creditum yang berarti saya percaya, maksudnya adalah apabila seseorang memperoleh kredit (debitur) maka berarti mreka memperoleh kepercayaan. Nasabah atau sebagai kreditur yang terlibat secara langsung serta ikut di dalam proses jasa kredit tersebut. Dalam kegiatan pengambilan keputusan  dalam menentukan kreditur yang dilakukan dengan proses analisis secara manual (konvensional), hal ini menyebabkan kendala saat pembuat keputusan dalam mengambil kebijakan menentukan kelayakan kredit yang diajukan oleh calon nasabah kurang efisien dan tidak akurat Dalam hal ini, maka diperlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam menentukan kelayakan calon kreditur dengan menggunakan metode sistem pendukung keputusan yang dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan).       Sistem pendukung keputusan merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang mengatasi masalah ini. Sistem ini dapat mendukung pengambilan keputusan dalam menentukan kelayakan calon kreditur berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Diantara metode sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan kelayakan calon kreditur yaitu, Fuzzy Tsukamoto. Implementasi Metode Fuzzy tsukamoto merupakan proses inferensi dilakukan dengan aturan (rule) berbentuk IF-THEN dan menggunakan operasi AND, dimana akan dipilih nilai yang lebih minimum (MIN) dari dua variabel yang ada.       Dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dapat menentukan yang akan digunakan  tepat dari suatu yang samar dan hasil yang didapatkan sebagi patokan penetuan calon kreditur. Untuk membantu menentukan calon kreditur, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan akuntabel. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Tsukamoto, Kreditur

Author Biographies

Sri Marentika Tarigan, Stimik Triguna Dharma

Sistem Inforrmasi

Hendra Jaya, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ismawardi Ismawardi, Stmik Triguna Dharma

Bahasa Ingris

References

N. S. Tanjung, M. K. Tampubolon, S. and M. Sianturi, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MODAL USAHA MENERAPKAN METODE FUZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS : PT. BPR BINA BARUMUN)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. II, no. 1, pp. 376-381, 2018.

N. Novita, "Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa," Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , vol. I No.1, no. 2541-2019, pp. 51-54, 2016.

H. H. and M. S. Abdillah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TAHANI," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. VI No.3, pp. 98-104, 2017.

I. Ranyusni, " Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dengan Simple Additive Weighting(SAW) Pada Dinas Sosial Kota Jambi," vol. V, no. 1, 2020.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2021-01-29

URN