Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Menentukan Kelayakan Pemberian Pinjaman KaryawanKoperasi K.S.P. Romora Menggunakan Metode Weight Product

Authors

  • Hardina Wati Siringoringo STMIK Tiguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3452

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Romora merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang simpan pinjam. terletak di Jl. Sersan Sani Puncak Harapan 5 Palembang. Perusahaan ini memiliki banyak karyawan  yang mengajukan pinjaman, namun tidak semua karyawan dapat di beri pinjaman agar keuangan perusahaan dapat stabil dan terjaga. Selama ini pinjaman hanya diberi kepada karyawan yang memenuhi persyaratan perusahaan.Koperasi ini belum memiliki sistem dalam menentukan kelayakan pemberian pinjaman. Untuk mengatasi masalah diatas maka dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan kelayakan pemberian pinjaman pada karyawan koperasi K.S.P. Romora dengan menggunakan metode weight product. Dengan adanya sistem dan dasar perhitungan yang jelas harapannya dapat membantu  K.S.P. Romora dalam kelayakan pemberian pinjaman pada karyawanHasil program ini menunjukan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Kata Kunci : Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Romora, Sistem Pendukung Keputusan, weight product. 

Author Biographies

Hardina Wati Siringoringo, STMIK Tiguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Jalil, Abdul; Ningrum, Ika; Muchtar, “Spk pemberian kredit menggunakan metode,†semanTIK, vol. 3, no. 1, pp. 173–180, 2017.

E. Ningsih, Dedih, and Supriyadi, “Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

E. Ningsih, Dedih, and Supriyadi, “Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

D. Junifa, S. Aisyah, A. C. M. Simanjuntak, and S. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dokter Menggunakan Metode Weight Product (Wp) Berbasis Web,†J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima(JUSIKOM PRIMA), vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2019, doi: 10.34012/jusikom.v3i1.561.

J. Sistem, I. Fakultas, I. Komputer, and U. Narotama, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN APLIKASI PEMILIHAN GAME ANDROID,†vol. 8, no. 1, pp. 24–30, 2021.

Downloads

Published

2018-10-27

URN